KANAL  

Jembatan Jagal Longsor Lagi

Pj. Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah (paling kanan) saat meninjau titik longsor di Jembatan Jagal Jalan Ahmad Yani Kota Tasikmalaya, Kamis (24/11/2022) malam.*

KAPOL.ID –
Titik longsor Jembatan Jagal di Jalan Ahmad Yani Kota Tasikmalaya bertambah. Setelah beberapa bulan ke belakang di bagian selatan, kali ini berpindah ke bagian utara sekira pukul 17.30 WIB, Kamis (24/11/2022).

Akibatnya tiang milik beberapa vendor internet ikut terbawa hampir ke dasar sungai.

“Dinas teknis nanti akan berkoordinasi dengan beberapa penyedia layanan internet. Supaya tidak membebani jembatan,” ucap Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah saat meninjau lokasi kejadian.

Hasil laporan dinas terkait, tutur dia, kondisi Jembatan Jagal masih aman. Meskipun begitu jika tidak ditangani dapat membebani jembatan.

“Jembatan masih aman. Ada lokasi lain (tak jauh dari sini), rumah penduduk juga sudah dicek dan segera dipasangi bronjong untuk penanganan,” ucapnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Tasikmalaya, Dudi Mulyadi mengatakan longsor sore tadi berada di posisi sayap jembatan.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan penyedia internet karena tiang kabel yang berdampingan dengan jembatan ikut ambrol ke dasar sungai.

“Memang kalau dibiarkan berbahaya. Karena posisinya di sayap jembatan, dan sudah tidak ada pondasi.”

“Sebenarnya sudah dikomunikasikan saat memperbaiki yang sana (sebelah selatan). Tapi keburu ambrol,” jelasnya.

Ia mengatakan, secara umum kondisi struktur jembatan masih aman. Hanya saja yang perlu dihindari aliran air sehingga semakin menggerus tanah di lokasi yang longsor.

“Kalau perbaikan yang di sebelah selatan progresnya sudah 75 persen. Yang baru ini akan kita tangani setelah tiang kabel terselesaikan,” katanya. ***