BISNIS  

Kacang Koro, Pengganti Kedelai Bikin Tahu Tempe

Koro pedang (Canavalia gladiata). Foto: Balitkabi. suara.com

KAPOL.ID – Pemerintah Desa Linggajaya Kecamatan Cisitu, Kab. Sumedang, berharap kacang koro jadi salah satu hasil bumi yang membuka ruang pemberdayaan masyarakat.

Khususnya, di wilayah desa tersebut dengan harapan jadi salah satu pilot project penanaman kacang koro yang langsung diresmikan dari pihak Menteri Koperasi dan UKM beberapa waktu lalu.

Kepala Desa Linggajaya, Agus Wawan Darmawan mengatakan kacang koro pedang bisa menjadi pengganti bahan baku tempe dan tahu.

Ia menjelaskan, itu harus ada edukasi dan pembuktian ke para pengusaha tempe dan tahu untuk merubah bahan baku tempe dan tahu yang semula bahan baku kedelai menjadi kacang koro.

“Saya yakin kalau sudah ada pembuktian produksi tempe dan tahu dengan nilai yang bagus menggunakan kacang koro, maka perajin tempe dan tahu akan mau menyerap kacang koro pedang hasil produksi para petani,” kata Agus.

Saat ini, kata sia, pasar global disebut tengah mengalami lonjakan harga kedelai.

Sehingga, menurut keterangan dia, akan mempengaruhi keberlanjutan usaha para perajin tempe dan tahu di Sumedang.

“Menghadapi kondisi kenaikan harga kedelai, saya rasa perlu menyiapkan alternatif bahan baku yang lain, itu agar usaha tempe dan tahu lebih berkelanjutan di masa yang akan datang,” ujarnya

Diakuinya, saat ini sudah ada beberapa kacang koro pedang yang mulai di panen, kualitas kacang tersebut bisa tumbuh subur dan kualitas kecangnya juga cukup baik.

Itu, kata dia, menandakan adanya kecocokan tanah untuk ditanami kacang tersebut.

“Kualitas kacang koro yang sudah mulai di panen, itu sangat bagus,” ujarnya.

Ia berharap dengan adanya kacang tersebut di desanya, maka untuk pengolahannya harus oleh masyarakat sekitar.

Seperti, adanya home industri yang mengolah tempe dan jenis makanan lainnya hasil kreatifitas masyarakat dengan menggunakan bahan baku kacang koro.

“Kacang koro-nya sekarang sudah siap panen, tinggal kita pikirkan bagaimana kacang ini memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat,” kata dia

Ia mengatakan, untuk melancarkan perogram pemberdayaan masyarakat melalui kacang koro, maka langkah awal yang harus dilakukan pemda ,ada bimbingan dari tenaga ahli agar masyarakat memahami cara pengolahan kacang tersebut.

“Sepertinya harus ada pelatihan dulu, setelah warga paham manfaat kacang koro tersebut, maka kedepan warga tinggal meningkatan kreatifitas dalam membuat olahan makanan berbahan baku kacang koro,” ujarnya. ***