oleh

Lisensi CHSE Ikhtiar Membangkitkan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

KAPOL.ID–Anggota Komisi X DPR RI, Ferdiansyah membuka acara Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Kegiatan dan Penerapan CHSE di Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jumat (13/11/2020). Kegiatan tersebut bertempat di Hotel Horison Kota Tasikmalaya.

Kata Ferdiansyah, lisensi penerapan Cleanliness, Healthy, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE) di sektor wisata sangat penting; agar pelaku wisata merasa aman dari bahaya pandemi Covid-19.

“CHSE ini mencakup di penginapan, hotel, warung-warung kecil di sekitar tempat wisata, dan rumah makan. Jadi harus terjamin kebersihannya, kesehatannya, keamanannya, dan ramah lingkungan,” ujar Ferdiansyah.

Dengan melihat lisensi CHSE (berupa stiker) di sekitar tempat wisata, Ferdiansyah percaya kalau pelaku wisata akan memiliki kepercayaan lebih terhadap keamanan tempat tersebut. Sebab sejatinya, untuk mendapatkan lisensi CHSE sendiri prosesnya cukup selektif.

“Kenapa ini kita lakukan, karena pandemi covid-19 ini mendorong perubahan yang signifikan terhadap para wisatawan, yaitu perubahan prilaku. Sementara sektor pariwisata tetap harus bangkit,” lanjutnya.

Dalam hal tersebut, Ferdiansyah merasa Tasikmalaya akan sulit bangkit tanpa patuh CHSE. Sebab dunia luar juga memerhatikan keterjaminan kesehatan dan keamanan dari pandemi. Sekali saja CHSE terabaikan, Tasikmalaya niscaya akan jauh tertinggal oleh daerah lain.

Karena itu, harapan Ferdiansyah akan muncul dukungan berbagai eleman masyarakat. Sehingga dirinya mengundang banyak kalangan, dengan harapan mereka mensosialisasikan kembali kepada khalayak yang lebih luas.

Adapun proses atau prosedur untuk memperoleh lesensi atau stiker CHSE itu, Ferdiansyah sudah mendorong pemerintah baik Kota maupun Kabupaten Tasikmalaya–melalui dinas terkait–untuk proaktif mengajukan permohonan ke pemerintah pusat.

“Tapi sebelum itu, saya sudah katakan kepada mereka untuk melakukan audit terlebih dahulu terhadap tempat-tempat di sekitar tempat wisata. Apakah benar mereka sudah menerapkan CHSE atau belum,” sambungnya.

Tempat-tempat dengan lisensi CHSE sendiri akan mendapatkan bantuan dana dari Pemerintah Pusat, untuk tahun 2021. Itulah alasan kenapa mendapat lisensi CHSE tidak mudah.

Komentar