Miniatur Pemilihan Presiden di SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya

  • Bagikan
Kepala SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya Dr H Yonandi bersama tiga pasangan kandidat calon ketua dan wakil ketua OSIS SMA Negeri 10, berjalan menyapa para calon pemilih di Lapangan SMA Negeri 10 Jumat (19/11/2021) ***
Kepala SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya DR H Yonandi bersama tiga kandidat pasangan calon ketua OSIS SMA Negeri 10 berjalan menyapa siswa yang akan memilh calon pemimpin untuk satu tahun ke depan. Pemilihan ketua OSIS jadi miniatur pemilihan presiden.***

KAPOL.ID- Warga SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya menggelar perhelatan akbar. Mereka memilih presiden dan wakil presiden OSIS untuk memimpin satu tahun ke depan.

Layaknya pemilihan Presiden beneran, pihak panitia sebelumnya membuka pendaftaran calon ketua dan wakil Ketua. Ada tiga kandidat calon yang lolos pada tahap seleksi dan ditetapkan sebagai calon ketua dan wakil ketua OSIS.

Para kandidat calon pun diminta untuk orasi memaparkan visi misi di hadapan para calon pemilih baik siswa atau pun juga tenaga pendidik yang juga memiliki hak suara untuk memilih.

Masing masing pasangan menyampaikan prgram kerja agar mendapatkan kepercayaan dari siswa lainya dan bisa terpilih menjadi ketua OSIS.

Baru pada Jumat (19/11/2021) semua warga SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya rame rame menentukan pilihannya untuk memilih siapa yang layak menjadi pemimpin OSIS satu tahun ke depan.

Pemilihan dilakukan tidak menggunakan kertas suara, tetapi memilih dengan menggunakan komputer. Satu siswa memiliki satu kesempatan untuk memilih siapa yang layak jadi pemimpin mereka.

Para siswa yang akan memilih berkumpul di lapangan. Sedangkan kandidat pasangan calon duduk di depan calon pemilih. Untuk menghilangkan kejenuhan alunan musik dari siswa mengalunkan merdu menemani suasana tegang para kandidat.

“Ada tiga pasangan kandidat yang dipilih oleh siswa untuk menjadi ketua OSIS SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya. Ketiga pasangan itu sudah memaparkan visi misinya,” kata Panitia Pemilihan Ketua OSIS, Alfi Eka Fitriani.

Tiga kandidat pasangan calon tersebut antara lain Wildan Aldiansah dan Resvi Azahri nomer urut satu, Aditia Nugraha dan Hani Handayani nomer urut dua dan Qisty Amalia berpasangan dengan Kenneth Reza Reinanta.

Kepala SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya, Dr H Yonandi S. St MT mengatakan, pemilihan ketua atau Presiden OSIS tahun ini berbeda dari tahun tahun sebelumnya dan sangat luar biasa. Pemilihan kali ini sebagai miniatur pemilihan presiden.

“Untuk pemilihan sekarang ini sangat luar biasa. Ini miniatur pemilihan presiden. Dan kandidat yang terpilih nanti menjadi ciri dan muka sekolah,” katanya.

Miliki sifat Fast

Diakui Yonandi, pemilihan ketua OSIS bukan hanya rutinitas, tetap benar-benar miniatur bagaimana dalam memilih pemimpin untuk kemajuan sekolah. Dan ini salah satu langkah memilih pemimpin untuk masa depan.

“Ini proses pemilihan pemimpin yang hebat di sekolah. Pemimpin hebat itu seperti apa. Yaitu pemimpin yang memiliki sifat FAST, Fahtonah, Amanah, Sidik dan Tabligh,” katanya.

Dengan memiliki sifat Fathonah, pemimpin bisa menyelesaikan setiap masalah dengan smart dan bisa memberi solusi yang diterima setiap orang atau setiap siswa. Ketua ada yang memojokkan atau menggoyang bisa diselesaikan dengan bijak dan baik.

Kedua pemimpin harus memiliki sifat amanah atau bijak. Bijak bisa menyelesaikan masalah dengan cara pandang berbeda dan menerima setiap masukana dari masyarakat atau siswa lain dan diolah menjadi solusi terbaik.

SMA N 10 itu butuh pembangunan infrastruktur, SDM dalam meningkatkan karakter budaya prestasi akademik dan juga jiwa enterpreneur. Makanya butuh pemimpin yang amanah.

Pemimpin masa depan juga harus memiliki sifat sidik atau benar. Benar dalam perkataan dan perbuatan serta bisa mempertanggungjawabkan apa yang disampaikan saat kampanye untuk kemajuan sekolah.

“Dan terakhir, pemimpin harus memiliki sifat tabligh atau menyampaikan kebenaran kepada masyarakat atau siswa. Dengan memiliki sifat Fast inilah akan tumbuh menjadi pemimpin unggul untuk masa depan, ” Katanya.

Wildan- Resvi Pimpinan OSIS SMA N 10

Sedangkan pada pemilihan ketua OSIS tersebut. Pasangan nomer urut satu, Wildan Aldiansah dan Resvi Azahri berhasil meraih suara terbanyak dan terpilih menjadi ketua OSIS SMA Negeri 10 untuk satu tahun ke depan.

Yonandi berharap dengan gelaran pemilihan ketua OSIS yang dilaksanakan layaknya pemilihan presiden ini bisa menjadi miniatur pemimpin masa depan yang jauh lebih baik dan berkualitas. Dan ketua OSIS terpilih bisa menjadi ciri atau muka sekolah. ***

  • Bagikan