Mobil Listrik Jadi Kendaraan Dinas, Pemkot Tasik Tunggu Arahan Gubernur

Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, H. Ivan Dicksan *

KAPOL.ID –
Terkait penggunaan mobil listrik untuk kendaraan dinas, Pemkot Tasikmalaya menunggu arahan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Sebab Pemerintah Provinsi Jabar sudah memulai pengunaan mobil menggunakan energi terbarukan tersebut.

“Kita lihat dulu arahan dari Pak Gubernur dulu akan seperti apa. Nanti kita belajar dari pengalaman pihak provinsi.”

“Awal Oktober ini akan ada kesepakatan bersama antara gubernur dan para bupati serta wali kota se-Jabar. Kaitannya pemanfaatan energi terbarukan,” ucap Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan, Senin (26/9/2022).

Ia mengatakan, seluruh kendaraan dinas di Pemkot Tasikmalaya memang masih menggunakan bahan bakar fosil. Penggunaan mobil listrik untuk kendaraan dinas, memerlukan persiapan.

“Kendaraan dinas ini kan banyak dipakai ke luar kota, nah kekuatan daya tahannya berapa jam. Kalau ke Jakarta apakah perlu mengisi di tengah jalan atau tidak kita belum tahu ya,” katanya.

Selama perjalanan tadi, lanjut dia, di mana saja bisa melakukan pengisian daya. Makanya perlu dukungan fasilitas dari berbagai elemen masyarakat.

“Harus disiapkan tidak hanya di Tasik dan Bandung saja. Tapi mungkin di perjalanan tol, di rest areanya dan lain sebagainya,” katanya.

Sejauh ini, pihaknya juga masih menunggu arahan dari provinsi terkait dengan penggunaan kendaraan berbasis daya listrik.

“Mungkin nanti dari sana ada arahan-arahan. Karena perubahan kendaraan dinas dan lainnya pasti harus dilakukan secara bertahap,” katanya. ***