Terhubung dengan KAPOL

SOSIAL

Setelah 18 Tahun, Panen Buah Kurma di Masjid Agung Tasikmalaya

|

KAPOL.ID – Pohon kurma di Halaman Masjid Agung Kota Tasikmalaya berbuah dan telah dipanen, Rabu (26/2/2020). Warga menyemut bersama jajaran Wali Kota Tasikmalaya H. Budi Budiman untuk merasakan kurma lokal tersebut.

“Rasanya manis, tapi ini berbeda karena dari Tasikmalaya. Tampilannya juga tidak seperti yang dijual di pasaran. Seperti pisang, ada proses dahulu sebelum dimakan,” ujarnya.

Budi bercerita pohon yang ditanam 18 tahun silam saat menjadi ketua harian panitia pembangunan Masjid Agung Tasikmalaya dan diketuai keluarga Mayasari Grup H. Ade Ruchyana. Sekaligus pembangunan besar-besaran masjid agar arah kiblat lebih sempurna.

“Alhamdulillah ternyata hari ini sudah bisa dipanen dan sebagian dibagikan kepada jamaah masjid. Saya berharap kedepannya lebih banyak lagi pohon kurma yang bisa dipanen,” katanya.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Agung Tasikmalaya, KH. Aminnudin Bustomi mengatakan hasil panen yang dibagikan ke warga sebagai rasa syukur dan menyambut bulan rajab. Bahkan beberapa pohon yang tidak produktif akan diganti dengan pohon kurma.

“Menurut ahli perkurmaan, memang dalam dua tahun bisa berbuah jika dipersiapkan secara matang. Berbuahnya kurma mudah-mudahan menjadi berkah bagi Kota Tasik,” katanya.

Cele, salah seorang warga yang ikut merasakan kurma Tasikmalaya mengaku agak kaget. Sebab rasa dan tampilan tidak seperti yang beredar di pasaran.

“Manis sekali, tapi masih ada kesed-nya. Katanya sih harus seperti di-peuyeum dahulu kalau mirip seperti di pasaran,” kata warga Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya ini. ***

Diskusikan di Facebook
Advertisement

Silakan mengirim pesan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *