oleh

Pelayanan Pengujian Dishub Tetap Berjalan di Tengah Pandemi

KAPOL.ID – Selaku petugas pelayanan, kepentingan masyarakat tentu harus lebih diutamakan dibanding kepentingan-kepentingan lainnya. Seperti yang dilakukan para petugas fungsional pengujian pada Dishub (Dinas Perhubungan) Kabupaten Garut. Meski di tengah pandemi covid-19 pelayanan tetap berjalan.

Saat dimintai komentarnya, Fungsional Penguji Penyelia pada Dishub Garut, H. Asep Ridwan membenarkan masih berjalannya pelayanan pengujian di kantor Dishub. Karena menurutnya, itu merupakan kepentingan para pemilik kendaraan angkutan juga para sopir dan sudah menjadi aturan yang ditetapkan.

Bila saja ada kendaraan angkutan yang tidak melakukan pengujian secara rutin lanjut Asep, maka pemilik atau sopirnya bisa dikenakan sanksi jika diketahui petugas di jalanan.

Berkaitan dengan pemberlakun PSBB atau AKB yang telah ditetapkan pemerintah Asep menerangkan, bahwa semenjak pemerintah menerapkan peningkatan protokol kesehatan terkait covid-19, pihak petugas di bagian pengujian Dishub pada khususnya harus juga ikut menaatinya.

Makanya, selain disana telah disiapkan tempat mencuci tangan, para pengunjung pun diwajibkan mengenakan masker, dan para sopir yang membawa kendaraan tidak diperkenankan memasuki kawasan pengujian, selain juga dibatasi jumlah yang akan mengikuti pengujian dengan tujuan agar tidak terlalu berdesakan.

“Kalau sekarang memang kami tidak membatasi jumlah pendaftar yang akan menguji kendaraannya. Bulan Oktober ini jarang sekali yang melakukan uji KIR karena siklus pengujian enam bulan sekali dan pada Oktober kemarin kami tidak melakukan pengujian. Paling ada juga dalam sehari lima atau enam kendaraan saja,” tuturnya.

Asep juga menerangkan bahwa sekarang semua peralalatan yang dimiliki normal adanya karena diawal Oktober sudah turun kalibrasinya.

“Sekarang tinggal menunggu akreditasinya saja yang masih belum turun, tapi sebelumnya kami telah mengajukan permohonannya,” tutur Asep. [Anang KN]

Komentar