Pemkot Tasik Dapat Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Jabar Tahun 2021

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyerahkan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tingkat Jawa Barat tahun 2021 kepad Wali Kota Tasikmalaya H. Muhammad Yusuf, di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (6/12/2021). * (Foto: Diskominfo Kota Tasikmalaya)

KAPOL.ID –
Pemerintah Kota Tasikmalaya mendapatkan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tingkat Jabar Tahun 2021.

Penghargaan diserahkan langsung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil kepada Wali Kota Tasikmalaya, H. Muhammad Yusuf di Gedung Sate Bandung, Senin (6/12/2021).

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil berpesan, seluruh instansi pemerintahan maupun badan usaha milik daerah (BUMD), untuk terbuka kepada masyarakat.

Hal tersebut sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat.

“Institusi yang menerima uang rakyat harus mempertanggungjawabkan penggunaannya melalui keterbukaan informasi,” ucapnya.

Selain itu, institusi publik lainnya untuk terbuka dalam membagikan informasi masyarakat. Karena juga mendapatkan dana yang berasal dari masyarakat.

Keterbukaan informasi, lanjut Emil, bukan hanya dalam hal uang melainkan juga dari sisi kebijakan serta program yang akan dan sudah dijalankan.

“Jawa Barat sudah juara Indonesia (investasi) tapi masih ada yang tidak informatif. Jadi ini PR besar kan sudah memilih demokrasi sebagai pilihan berbangsa dan negara.”

“Maka tanggung jawabnya ini terbuka kepada yang memberikan mandat yaitu rakyat,” pungkasnya.

Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tingkat Jawa Barat tahun 2021 diselenggarakan Komisi Informasi Jawa Barat.

Setidaknya ada beberapa katagori, mulai perangkat daerah di Pemda Provinsi Jawa Barat, badan publik vertikal, pemda kab/kota, hingga partai politik.

Katagori Pemerintah Daerah, diraih Pemkot Tasikmalaya bersama Pemkot Bandung, Bekasi dan Kabupaten Bandung.***