oleh

Pengabdian ke Masyarakat, Unsil Latih Warga Budidaya Jahe Merah

KAPOL.ID –
Civitas Akademika Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan skema ketahanan pangan.

Pengabdian ini berbentuk pelatihan Budidaya dan Pengolahan Tanaman Jahe Merah dengan menggunakan Teknologi Bag Culture di Desa Darmaraja, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis.

Ketua tim pengabdian Dr. Nana, M.Pd., mengatakan pelatihan dilaksanakan dalam menghadapi masa New Normal akibat dari Pandemi Covid-19.

“Desa Darmaraja dipilih karena merupakan salah satu desa yang memiliki karakteristik tanah subur serta mata pencaharian masyarakatnya didominasi oleh bertani,” katanya.

Tim pengabdian terdiri dari Dr. Nana M.Pd., Yanti Sofi Makiyah, M.Pd., Ernita Susanti, M.Pd., dan Ilham Rohman Ramadhan, M.Pd., serta pemateri Dr. Suhardjadinata, Ir. M.P.

Pelatihan budidaya dan pengolahan tanaman jahe merah dengan menggunakan teknologi bag culture, yaitu sistem bertanam didalam karung bekas atau polybag besar.

“Hanya memanfaatkan lahan yang tersedia yaitu pekarangan rumah karena penanaman jahe menggunakan karung.”

“Sehingga pertumbuhan jahe lebih cepat daripada di tanah lapang/tegalan. Kondisi saat ini, membuat masyarakat harus bisa memanfaatkan potensi dan peluang usaha yang ada,” ujarnya.

Secara tradisional, lanjut Nana, salah satu pencegahan Covid-19 dengan mengkonsumsi rimpang jahe yang mengandung curcumin sebagai komponen utama minyak atsiri .

Selama pelatihan masyarakat diberikan pengetahuan tentang berbagai jenis jahe yang biasa dimanfaatkan baik sebagai bumbu dapur maupun obat tradisional.

Mulai dari tata cara penanaman jahe merah menggunakan karung bekas, serta memfasilitasi penyediaan beberapa bibit jahe merah dan media tanam untuk dibudidayakan di lokasi pengabdian.

Media tanam yang diberikan yaitu tanah, pupuk kandang, cocopeat dan serbuk gergaji, dengan perbandingan 2:1:1:1.

“Masyarakat dapat memahami materi pelatihan dengan baik dan sangat antusias ketika melakukan praktek langsung menanam jahe merah,” katanya.***

Komentar

Jangan Lewatkan