oleh

Radiogram Gubernur, Wakil Wali Kota Tasik Lakukan Tugas Wali Kota

KAPOL.ID –
Wakil Wali Kota Tasikmalaya H.M. Yusuf mendapatkan amanat untuk menjalankan tugas dan kewenangan kepala daerah selama masa penahanan Wali Kota Tasikmalaya.

Hal tersebut diungkapkan saat membacakan radiogram dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Balai Kota Tasikmalaya, Senin (26/10/2020).

“Radiogram ini kita terima Jumat kemarin, sesuai pasal 66 pasal 1 huruf c, UU 23 tahun 2014 wakil kepala daerah menjalankan tugas dan wewenang kepala daerah karena masa penahanan dan berhalangan sementara,” katanya.

Lalu meminta untuk menjalankan roda pemerintahan serta memantau perkembangan proses hukum dan dilaporkan ke Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

“Kami menjamin roda pemerintahan tetap berjalan dibawah pak sekda dan terus berkoordinasi dan berkonsultasi dengan DPRD,” ujarnya.

Ia mengatakan prihatin dengan apa yang menimpa Wali Kota dan bagi keluarga agar mendapatkan ketabahan.

“Saya secara pribadi dan mewakili pemerintah, ikut prihatin. Suka tidak suka, mau atau tidak mau ini yang harus dihadapi seorang kepala daerah,” katanya.

Adapun Pemkot Tasikmalaya melalui Bagian Hukum juga terus memberikan pendampingan bersama tim pengacara Wali Kota Tasikmalaya.

Termasuk apabila ada ASN yang ikut memberikan kesaksian selama proses hukum di KPK dan pengadilan.

“Bagian hukum akan berkoordinasi dengan tim pengacara,” katanya.

Sebagaimana diketahui Wali Kota Tasikmalaya BBD ditahan KPK Jumat (23/10/2020). Setelah berstatus tersangka atas kasus dugaan gratifikasi ke pejabat Kemenkeu RI.***

Komentar