Reformasi Birokrasi Pemkab Tasik

  • Bagikan
Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya berkomitmen untuk mereformasi birokrasinya. Rapat koordinasi (Rakor) lintas SKPD pun digelar. Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tasikmalaya, Mohamad Zen.

KAPOL.ID–Para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Tasikmalaya berkumpul di Aula Wiradadaha Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Rabu (2/6/2021). Mereka menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Reformasi Birokrasi (RB).

Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Mohamad Zen membuka kegiatan tersebut. Ia menyampaikan antara lain terkait sebuah sistem yang sedang dikembangkan, sebagai penunjang kinerja ASN atau tata kelola birokrasi lebih baik lagi.

“Bagian Organisasi Sekretariat Daerah dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) sekarang sedang mengembangkan aplikasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Intansi Pemerintahan (SAKIP),” ujar Zen.

Aplikasi itu sendiri akan menjadi pusat dokumentasi semua indikator kinerja dan realisasinya; mulai dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) hingga Rencana Strategis (Renstra).

Pada aplikasi tersebut juga akan muncul cascading kinerja dari RPJMD, Renstra, sampai indikator unit kerja dan individu.

“Melalui Rakor ini, diharapkan mampu menjadi bekal perbaikan implementasi SAKIP dan RB ke depan. Kinerja orang akan menentukan kinerja perangkat daerah. Otomatis akan menentukan kinerja secara keseluruhan,” tegasnya.

Rakor kemudian berlanjut dipandu oleh Kepala Bagian Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Kinerja, Iwan Kurniawan; dan Kasubag Akuntabilitas Kinerja, Erik Andriyatma. Di antara mereka ada Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat.

  • Bagikan