oleh

RSUD SMC Punya Alat Canggih, 45 Menit Dapat Beri Kepastian Positif atau Negatif Covid-19

KAPOL.ID–RSUD Singaparna Medika Citrautama (SMC), Kabupaten Tasikmalaya, punya fasilitas baru. Pada Jumat (22/5/2020), Bupati Ade Sugianto menggunting pita, meresmikan fasilitas tersebut.

Fasilitas yang dimaksud adalah Laboraturium Molekuler. Di dalamnya ada alat tes cepat molekuler (TCM). Kata pihak rumah sakit, alat ini canggih, karena mampu mendeteksi virus corona hanya dalam waktu 45 menit.

Sementara menurut Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19, Heru Suharto saat menyampaikan siaran pers, RSUD SMC adalah satu-satunya rumah sakit yang punya Laboratorium Molekuler se-Priangan Timur.

Adapun bagi Bupati Ade Sugianto, terwujudnya Laboratorium Molekuler berarti kian dekat dengan mimpi Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya. Yaitu melindungi dan menghindarkan masyarakat dari kesulitan.

“Dengan alat ini maka masyarakat yang terkonfirmasi dapat diberi jawaban dengan cepat. Apakah positif atau negatif Covid-19. Sehingga akan lebih mudah menangani dan mengantisipasi masalah,” papar Ade ke sejumlah wartawan.

TCM tidak seperti rapid test, terang Bupati Ade lebih lanjut. Sebab rapid test masih menyisakan keraguan. Sudah banyak bukti, di mana orang yang reaktif rapid test, ternyata negatif berdasarkan PCR atau Swab.

Pun sebaliknya. Ada juga orang yang negatif rapid test, ternyata positif berdasarkan PCR. Salah satu contohnya Asep Azis Muslim, asal Desa Karangmukti, Kecamatan Salawu. Ia negatif rapid tes, ternyata positif PCR.

Dalam hal ini, ketimbang mendeteksi Covid-19, rapid test lebih cenderung pada alat pegangan para dokter untuk menentukan kebijakan-kebijakan atau perlakuan-perlakuan terhadap pasien.

“Sehingga, dengan adanya TCM yang sudah dipersiapkan cukup lama, tidak instan, maka keraguan-keraguan tersebut akan terjawab sudah. Mungkin saja keberadaan TCM di sini pun bukan hanya dapat melayani masyarakat Kabupaten Tasikmalaya,” lanjut Ade.

Dengan kecepatan 45 menit untuk satu kali pemeriksaan, pihak RSUD SMC memperkirakan TCM dapat beroperasi untuk 20 kali pemeriksaan per hari.

Itu pula yang mendorong optimisme Bupati Ade kalau TCM di RSUD SMC dapat membantu juga masyarakat Kota Tasikmalaya atau Garut.

Komentar