Ruang Komunitas Kreatif, Tasik Creative Center

  • Bagikan

TASIKMALAYA, (KAPOL).- Gedung Creative Center (GCC) di Kompleks Olahraga Dadaha Kota Tasikmalaya memberikan ruang bagi komunitas kreatif untuk berkreasi.

Pemerintah Kota Tasikmalaya melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tasikmalaya mengejewantahkan program unggulan dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Tahap pertama pembangunan gedung tiga lantai tersebut dimulai tahun 2019. 

“Gedung ini ke depannya mewadahi komunitas kreatif. Sekaligus menjadi inkubasi ide-ide kreatif para pemuda untuk kemajuan sumberdaya manusia di Kota Tasikmalaya,” ujar Kepala Dinas PUPR Kota Tasikmalaya, Adang Mulyana.

Menurutnya, diharapkan pelaksanaan konstruksi selesai dalam dua tahun. Tahun ini baru dititikberatkan pada pekerjaan struktur bangunan GCC.

Dengan demikian, ruang kreatif bagi komunitas kreatif dapat memberikan andil dalam pertumbuhan ekonomi di Kota Tasikmalaya. Adapun pada tahap pertama, terserap untuk pekerjaan konstruksi gedung senilai Rp 4,7 miliar.

Dari segi konsep pembangunan mengusung kearifan lokal dengan penerapan ornamen corak tradisional dengan material penutup bersifat artifisial modern.

“Penyediaan sarana prasarana yang memadai melalui Pembangunan Gedung Creative Center Kota Tasikmalaya sesuai dengan rencana pada Detail Engginering Design (DED) yang telah ada, dan disesuaikan dengan kondisi lapangan serta jumlah anggaran yang tersedia,” katanya didampingi Sekretaris Dinas PUPR, Budi Martanova didampingi Kepala Bidang Tata Bangunan, Toni Antoni.

Pada lantai pertama, terdapat ruang pameran temporer bersekat dan ruang semi outdoor. Di lantai kedua auditorium dengan kapasitas maksimal 150 orang. Adapula ruang eksebisi sebagai kelas.

Sementara kearifan lokal dalam desain gedung tersebut terdapat desain facade anyaman. Di topang pula ruang terbuka di depan bangunan yang bersebelahan dengan GOR Sukapura Kompleks Olahraga Dadaha.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam akun media sosialnya mengatakan, Creative Center Kota Tasikmalaya Agar anak muda Kota Tasikmalaya melompat membawa maju masyarakatnya melalui inovasi dan kreativitasnya.

Pemuda Jabar harus pada siap dengan revolusi 4.0. Creative Center juga dibangun tahun ini di Kota Bogor, Subang, Purwakarta dan Kota Cirebon. Jabar sedang ngabret menuju #JabarJuara. (KAPOL-Ad)***

  • Bagikan