Terhubung dengan KAPOL

KANAL

Rutin Digelar, Tradisi Hajat Lembur di Desa Citali

|

PAMULIHAN, (KAPOL).- Warga Rw 01, Desa Citali, Kecamatan Pamulihan, Kab. Sumedang menggelar tradisi hajat lembur disalah satu rumah warga, Minggu (08/09/2019).

Tokoh masyarakat setempat, Yaya Sobarna mengatakan, hajat lembur tersebut rutin digelar tiap tanggal 8 Muharam tahun Hijriah.

“Ini merupakan tradisi yang sudah rutin kami gelar, selain budaya warisan yang harus dilestarikan, juga sebagai upaya memperkenalkan tradisi kepada generasi muda bahwa ini budaya kita,” ujarnya.

Ia mengatakan, banyak manfaat yang terkandung dari tradisi buhun itu, diantaranya bentuk munajat kepada Allah Swt.

“Tujuan hajat lembur bentuk rasa syukur terhadap nikmat yang Allah Swt berikan, berupa melimpahnya hasil pertanian dan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Ia mengatakan, kegiatan yang diawali dengan memotong ayam dan juga membuat ‘Darangdan’ yang terdiri dari beberapa bagian tanaman palawija yang diikat, selanjutnya dibagikan kepada warga.

Ia berharap setelah dilakukan Hajat Lembur, masyarakat Dusun Citali 01 bisa lebih makmur dan sejahtera dan keberadaan tetap terjaga.

Sementara, Camat Pamulihan Hari Tri Santosa mengapresiasi masyarakat Dusun Citali Rw 01 yang terus menjaga dan melestarikan tadisi hajat lembur itu.

“Kami apresiasi masyarakat citali yang terus menjaga tradisi buhun hingga sekarang, semoga bisa terus dilaksanakan dan mudah-mudahan bermanfaat,” ujarnya. (KP-09)***

Diskusikan di Facebook

Silakan mengirim pesan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *