Terhubung dengan KAPOL

SOSIAL

Santri Al Fath Sumbang Sejuta Petani Milenial

|

KAPOL.ID – Santri Pondok Pesantren Dzikir Al- Fath Sukabumi ikut berkontribusi dalam gerakan satu juta santri milenial yang digulirkan Kementerian Pertanian RI.

Salah satunya meregenerasi petani dengan sentuhan digitalisasi.

“Pesantren menjadi sangat potensial untuk menciptakan regenerasi petani. Melalui Program Santri Tani Milenial (STM) ini, kita dorong santri-santri untuk terjun ke pertanian,” ujar Pimpinan Ponpes Dzikir Al Fath Sukabumi, Kiai Fajar Laksana, Minggu (1/3/2020).

Para santri, kata dia, dikelompokkan menurut minat. Mereka mendapatkan ilmu dan pendampingan yang komprehensif.

“Kita dorong mereka bertani dengan teknologi yang digital, karena era milenial dikenal sebagai era yang serba cepat dan mudah aksesnya,” katanya.

Walikota Ahmad Fahmi menjelaskan meskipun lahan pertanian di Kota berkurang namun Pemerintah Kota sepakat menyiapkan lahan pertanian yang berkelanjutan (LP2B).

Sehingga lahan tersebut tidak beralih fungsi.

“Pondok Pesantren sangat berpotensi untuk regenerasi petani, apalagi banyak orang tua mempercayakan pendidikan di pondok pesantren modern atau boarding school. Santri nantinya setelah keluar dari pondok memiliki kemampuan dan syukur-syukur bisa menjadi job seeker dan job creator hingga ekportir milenial,” katanya. ***

Diskusikan di Facebook

Silakan mengirim pesan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *