Santri Pasundan Usul ke Menko Perekonomian Airlangga Untuk Guru Ngaji di Pedesaan

  • Bagikan
PP Santri Pasundan bertemu dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Jakarta.*

KAPOL.ID –
Pimpinan Pusat Santri Pasundan sowan ke Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Jakarta.

Organisasi santri yang berbasis di Jawa Barat dan Banten didampingi Staf Ahli bidang ekonomi yaitu Frangky Sibarani yang merupakan mantan kepala BKPM.

Ketua Umum PP Santri Pasundan, Aceng Ahmad Nasir, pertemuan kemarin menyampaikan berbagai persoalan ekonomi di masyarakat akibat pandemi covid 19.

“Kami usul ke pemerintah untuk lebih mendorong pertumbuhan ekonomi pesantren mengenjot entrepreneurship santri.”

“Serta ada program bantuan khusus pengembangan usaha untuk para guru ngaji yang berada di pedesaan,” ujarnya, Jumat (3/9/2021).

Semisal dengan membentuk Garda Ekonomi Santri untuk mempersiapkan para santri yang akan mengabdi ke masyarakat. Agar mumpuni secara keilmuan dan tangguh secara ekonomi.

Adapun usulan para pengusaha kecil dan menengah, kata dia, terutama terkait bunga yang relatif tinggi hingga mencapai 12%.

“Ini persoalan keadilan ekonomi yang agar pertumbuhan ekonomi lebih masif dan perlu percepatan akibat dampak covid 19 ini,” tegas Aceng Nasir.

Sementara itu, tutur dia, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan pemerintah telah memberikan dorongan fiskal kepada para pengusaha kecil dengan diberikan kebijakan KUR (kredit usaha rakyat).

Bunga pinjaman mencapai 3% bahkan sebelumnya hanya bantuan sekitar Rp 50 juta sekarang menjadi maksimal Rp.100jt.

“Usulan adanya penurunan suku bunga untuk para pengusaha menengah kebawah akan dikaji mendalam bersama tim Kemenko Perekonomian,” katanya.

Merespon usulan pengembangan ekonomi pesantren, lanjut Aceng, Menko Airlangga yang juga Ketua Umum Partai Golkar ini akan turun langsung ke beberapa pesantren tradisional.

Serta melakukan program percontohan di beberapa pesantren dimulai di Sukabumi yang merupakan tanah leluhurnya yang kemudian dilakukan untuk daerah lainnya. ***

  • Bagikan