Satpol PP Kabupaten Tasik Menempa Diri: Materi dan Fisik

  • Bagikan
Puluhan anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tasikmalaya mengikuti kegiatan peningkatan kapasitas. (Foto: kapol.id/Amin R. Iskandar)

KAPOL.ID–Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tasikmalaya berupaya meningkatkan kapasitas sebanyak 60 orang anggotanya. Agenda ini berlangsung selama dua hari, Senin-Selasa (5-6/4/2021).

Menurut Kepala Didang Sumber Aparatur dan Perlindungan Masyarakat Satpol PP Kabupaten Tasikmalaya, Budi Aripin, di samping meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan; juga untuk meningkatkan jiwa korsa seluruh anggota.

“Dengan adanya kegiatan ini mudah-mudahan tercipta kebersamaan, kekompakan, dan bisa menjalankan tugas dan fungsinya secara maksimal,” ujar Budi.

Untuk itu, materi peningkatan kapasitas anggota pun dikemas dalam dua sesi. Hari pertama berisi sesi materi, yang di dalamnya terdiri atas penajaman tugas sesuai bidang masing-masing sekaligus melakukan evaluasi.

Sementara hari kedua berisi materi fisik. Antata lain latihan baris-berbaris, tata cara upacara militer, pemulihan jasmani, dan penanganan massa di tengah aksi. Harapannya sesama anggota Satpol PP lebih saling menyemangati.

Titik tekannya sendiri, kata Budi, adalah supaya anggota Satpol PP tetap fokus pada amanat Undang-undang No. 23 tahun 2014 tentang Peraturan Daerah, Pasal 255.

“Bahwa dibentuknya Satpol PP adalah untuk menegakkan Perda, Peraturan Kepala Daerah, Penyelenggaraan Trantibum, dan pelayan terhadap masyarakat,” tambahnya.

Sejatinya Budi sangat berharap dapat melibatkan juga anggota Satpol PP tingkat kecamatan. Namun ada peraturan baru yang menepatkan bahwa pelibatannya harus atas surat permohonan dari camat.

“Karena sekarang antara kami dengan Satpol PP kecamatan itu hanya memiliki fungsi koordinasi. Kalau kami hendak menugaskan Satpol PP tingkat kecamatan juga harus atas persetujuan camat,” lanjutnya.

Budi juga menekankan bahwa dengan menyelenggarakan kegiatan peningkatan kapasitas anggota Satpol PP bukan berarti karena kinerjanya buruk. Toh selama ini mereka sudah bertugas secara maksimal.

“Alhamdulillah, walaupun dengan jumlah personil yang minimal, anggaran juga minimalis apalagi dalam kondisi pandemi; tetapi dengan segala keterbatasan, anggota Satpol PP bisa melaksanakan tugas dengan maksimal,” tandasnya.

  • Bagikan