KANAL  

Sediment Trap Dibangun, Tekan Banjir di Jatinangor, Genjot Potensi Wisata

KAPOL.ID – Bupati Sumedang melaksanakan kunjungan ke Desa Cikeruh Kecamatan Jatinangor tepatnya ke tempat pembuatan Sediment trap, Senin 16 November 2020.

Terpantau bupati dan Forkopimcam Jatinangor serta aparatur Desa Cikeruh meninjau pembangunan Sediment Trap.

Donny Ahmad Munir mengatakan, pihaknya selepas acara dari Bandung langsung meninjau lokasi pembangunan ini.

“Ini adalah perwujudan kinerja Pemda Sumedang dengan PU ketika kami meninjau banjir yang sering terjadi di Jatinangor dan ini adalah salah satu ikhtiarnya,” ujarnya.

Alhamdulillah, BBWS sangat respons dan langsung menindaklanjuti dengan mengerjakan Sediment Trap guna meminimalisasi banjir.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada BBWS yang sudah merealisasikan pengajuan dari masyarakat Jatinangor,” tandasnya.

Selanjutnya, kata Donny Ahmad Munir, pihaknya akan berusaha membangun kembali yakni dilokasi Solokan Jarak Desa Cipacing Tahun depan secara bertahap.

“Yang penting pada saat ini kita syukuri dulu yang ini dan selanjutnya kita berikhtiar kembali,” tegasnya

Sementara menurut Danang Laksana Darojat PPK BBWS Citarum Harum, mengatakan, dalam pengerjaan Sediment trap ini pihaknya baru berjalan 20.8 persen.

“Pembuatan sendiment trap ini, sebenarnya bukan hanya untuk penanggulangan banjir daja. Namun sebagai pengalihan air saja biar tidak terlalu besar dari hulu ke hilir,” katanya.

Dikatakan, dimana nantinya air yang mengalir ke hilir akan dibangun kembali Sediment trap, dan Innsya Allah akhir Februari 2021 pembangunan ini selesai.

“Kami berharap dengan adanya Sediment Trap ini dapat bermanfaat bagi warga Cikeruh. Juga, meningkatkan perekonomian masyarakat dengan dijadikan tempat wisata,” pungkasnya. (Ceng)***