Connect with us

SOSIAL

Tak Terdata Terdampak Covid-19, Mak Oom Hanya Pasrah

|

Emak Oom (73) pasrah saat ditemui di kediamannya, Sabtu (9/5/2020).*

KAPOL.ID –
Betapa berat nian kisah hidup rakyat negeri Indonesia kini. Minimnya lapangan kerja dan beratnya tanggungan hidup diterpa pandemi Covid-19, termasuk Kabupaten Tasikmalaya.

Salah satunya dirasakan Emak Oom (73) asal RT 01/08 Kampung Kebon Pandan Desa Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Kesulitan semakin memuncak dan pasrah jalani nasib serba terbatas bersama kedua anaknya.

Padahal, tak jauh dari rumahnya, gedung pemerintah setempat megah berdiri. Namun tak banyak perhatian berarti bagi keluarga ini.

“Kasihan kang, jika berbicara keseharianya sangat prihatin dan miris,” ucap Abah, warga sekitar saat dijumpai KAPOL.ID, Sabtu (9/5/2020).

Pasalnya, untuk menutupi biaya kesehariannya saja sangat prihatin. Ia hanya mengandalkan satu dari kedua anaknya yang bekerja serabutan di sekitar kampung.

“Itupun jika ada yang menyuruh baru ia dapatkan upah, jika tidak ya begitulah,” katanya.

Beruntung warga sekitar masih peduli untuk kehidupan sehari-harinya. Jika dibandingkan dengan bantuan pemerintah, jauh dari harapan.

“Jadi kalau buat makan dan sedikit keperluannya masih adalah yang kasih, walau tak begitu besar dan tidak setiap waktu,” ungkapnya.

Ketua RT setempat, Nana Suryana bahwa keadaan seorang janda bernama Mak Oom ini kehidupannya sangat memprihatinkan.

“Betul, keluarga Emak Oom ini kehidupannya tengah terpuruk. Bahkan jauh dari bencana covid-19 datang kondisi si emak sudah begini,” katanya.

Ketika KAPOL.ID menanyakan peran pemerintah atau dinas terkait, ia katakan, masih belum terlihat. Terutama setelah Presiden SBY lengser tak mendapat bantuan apa-apa kecuali kartu sehat.

“Perbaikan rumahnya saja itu atas udunan warga, bukan pemerintah. Padahal segala upaya dan usungan warga sudah terus berupaya, tapi belum ada hasil, jadi kasihan kang,” terangnya.

Khusus bantuan terdampak covid-19, pihaknya sudah mengajukan ke pemerintah setempat. Namun beredar kabar tidak masuk dalam daftar yang mendapatkan bantuan.***

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Advertisement

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *