Connect with us

KANAL

Warga Binaan Lapas Sumedang Jalani Swab Test

|

KAPOL.ID – Sebanyak 78 orang diantaranya Aparat Sipil Negara (ASN) bersama warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Sumedang, Senin 29 Juni 2020 melakukan Swab Test.

Sementara menurut Kepala Lapas Kelas II B Sumedang, Suranto mengatakan, pemeriksaan langsung dilakukan oleh tenaga medis Dinkes Sumedang.

Dikatakan, itu bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 dilingkungan Lapas.

“Kegiatan pemeriksaan Swab test ini dilakukan setelah kami berkoordinasi dengan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir guna memastikan warga binaan dan petugas Lapas dalam kondisi sehat,” ujarnya.

Suranto menuturkan, selama pandemi  pihaknya tidak melayani jam besuk sesuai dengan arahan dan perintah dari Direktur Jenderal (Dirjen) Pemasyarakatan.

“Jadi berdasarkan surat edaran dari kantor wilayah Jawa Barat terkait tidak menerima kunjungan besuk ditengah Pandemi, sudah kami laksanakan dan bukti suratnya ada, bahkan sampai saat ini aturan itu belum dicabut,” terangnya.

Sehingga lanjut Suranto, pihaknya tetap memfasilitasi warga binaan gunw melakukan komunikasi dengan keluarganya.

“Warga binaan bisa komunikasi, kami sediakan layanan video call dengan keluarganya setiap hari, kecuali Sabtu,” katanya.

Tak hanya itu, selama pandemi wabah Covid-19 berlangsung, Lapas Kelas II B Sumedang tidak menerima tahanan baru.

Terlebih, pihak lapas justru memberikan asimilasi terhadap 80 tahanan yang telah menjalani setengah masa tahanan.

“Ditengah pandemi Covid-19, kami pastikan tidak ada tahanan baru. Bahkan, warga binaan selama ini Alhamdulillah tidak menunjukan ada gejala Covid-19. Mereka disini jalankan protokol kesehatan, termasuk asupan vitamin juga kami berikan,” tandasnya.

Sementara menurut, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Sumedang, Renny K. Anton menambahkan, terdapat sekitar 70 orang yang menjalani pemeriksaan Swab Test.

“Kegiatan pemeriksaan Swab Test ini, di laksanakan secara masif dan sasarannya pegawai dan warga binaan Lapas,” tegasnya.

Ia menuturkan, kam juga berharap, hasil dari pemeriksaan tersebut tidak ada yang positif terkonfirmasi Covid-19.

“Hasil dari Swab Test ini akan diketahui setelah 3 sampai 4 hari kedepan. Mudah-mudahan hasilnya negatif semua,” pungkasnya.***

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Advertisement

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *