Connect with us

WISATA

Wishnutama Prediksi Indonesia Kehilangan 4 Juta Wisatawan Asing

|

Menteri Pariwisata Wishnutama menanggapi dampak virus Corona terhadap Industri Pariwisata usai Ratas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (28/1) (Foto: VOA/Ghita)

KAPOL.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengatakan pada kuartal II 2020, Indonesia diperkirakan kehilangan empat juta wisatawan asing akibat adanya wabah virus corona ini.

“Kalau dihitung-hitung secara sederhana aja sih mungkin kita kehilangan potensi kedatangan wisatawan asing itu sekitar empat juta lah sekarang ini tapi data persisnya kami juga masih menunggu dari BPS,” jelas Wishnu.

Meski begitu, seperti arahan presiden, ia akan fokus untuk menarik wisatawan domestik terlebih dahulu. Ia, pun sedang menyiapkan standar operasional (SOP) protokol kesehatan yang akan diterapkan pada berbagai hal yang berkaitan dengan sektor pariwisata seperti hotel, restoran dan lain-lain.

Setelah SOP dibuat, maka akan dilakukan simulasi serta sosialisasi. Menurutnya, uji coba simulasi tersebut akan diprioritaskan kepada daerah wisata yang sudah siap menerapkan new normal ini.

Terkait, strategi promosi pada era baru, pihaknya nanti akan menggunakan platform digitalisasi. Ia melihat, sektor lain seperti sektor kesehatan pun sudah menggunakan hal tersebut untuk bisa berkonsultasi kesehatan secara online.

“Ke depan fokus kita memang promosi itu banyak melibatkan platform atau melalui digital. Intinya karena itu akan lebih efektif karena bisa lebih spesifik. Misalnya tadi Mas sampaikan wisata alam. Nah itu juga nanti lebih spesifik target marketnya untuk yang suka wisata alam, yang suka diving, yang suka pantai, yang suka apa. Itu nanti strategi promosi kita lebih ke arah seperti itu,” paparnya.

Ia pun memastikan protokol SOP di sejumlah tempat wisata di daerah-daerah akan dilakukan dengan sangat ketat. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat agar protokol-protokol kesehatan di era baru nanti betul-betul diterapkan. [gi/em/voa]

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Advertisement

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *