Connect with us

SOSIAL

YBM PLN Gandeng IRMAKABA Tebar 6.000 Benih Ikan Nila di Desa Bantarkalong

|

General Manager PLN Transmisi Jabar, Jateng dan Yogyakarta Sumaryadi Sobana (pakai topi petani) sedang menebar benih ikan nila di Desa Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya.*

KAPOL.ID –
Program pemberdayaan potensi masyarakat dan pemuda desa yang tersebar di seluruh Indonesia, bagian dari kepedulian Yayasan Baitul Mal Perusahaan Listrik Negara (YBM PLN).

General Manajer Transmisi Jabar, Jateng dan Yogyakarta Sumaryadi Sobana menjelaskan YBM merupakan mitra PLN, bergerak dalam bidang pendayagunaan dan pemberdayaan ekonomi, pendidikan dan sosial untuk masyarakat pedesaan, terutama bagi kalangan pemuda.

Sumberdananya, kata Sumaryadi, diambil dari zakat pegawai PLN seluruh Indonesia. Dari program yang digulirkan, diharapkan lahir muzaki-muzaki baru lewat kerjasama pemberdayaan ekonomi masyarakat pedesaan.

“Penebaran 6000 benih ikan nila kerjasama dengan Ikatan Remaja Masjid Kaum Bantarkalong (IRMAKABA) bagian dari program pemberdayaan ekonomi masyarakat khususnya kalangan pemuda,” jelas Sumaryadi disela-sela penebaran benih di Desa Bantarkalong Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (18/6/2020).

Mitra PLN yang lainnya, tambah Sumaryadi, Yayasan Kabel Kita (YKK), lebih fokus dalam pelatihan instalansi kelistrikan dan literasi anggota IRMAKABA.

“Bagi para pemuda yang telah mendapat pelatihan dari YKK, mendapat sejenis sertifikat bisa mengajukan bekerja di perusahaan instalasi listrik yang ada di wilayahnya,” jelasnya.

Manager Pendistribusian dan Pemberdayaan YBM PLN Pusat, Riki Bagus menambahkan, program YBM PLN Pusat lewat pemberdayaan ekonomi masyarakat pedesaan.

“Banyak potensi pemuda desa yang bisa digali, kami membantu dan mendorong IRMAKABA lewat budidaya ikan nila.”

“Harapan dari budidaya ikan nila ini bisa dikembangkan lebih maju lagi dan berhasil,” harap Riki.

Ketua Yayasan Kabel Kita, Yus A Ruslan, menaruh harap dari pelatihan instalansi kelistrikan dan literasi bekerjasama dengan IRMAKABA.

Sebab telah dilatih bagaimana memasang dan menggunakan instalansi listrik di rumah yang aman dan ramah.

“Hasil pelatihan ini paling tidak bisa meringankan pengguna listrik, karena peserta dibekali keilmuan yang berkaitan dengan instalasi kelistrikan,” harap Yus.

Ketua IRMAKABA Iyod Supriyadi menyambut baik kerjasama program pemberdayaan ekonomi masyarakat dan pelatihan instalasi kelistrikan dan literasi yang digulirkan YBM PLN Pusat dan YKK.

“Penebaran benih ikan nila dan pelatihan instalasi kelistrikan menjadi modal kami untuk lebih maju dan mandiri, bermanfaat untuk masyarakat,” harapnya.

Harapan yang sama Ketua Kelompok Tani Ikan (KKTI) Tono, warga Cilogak (Mekarjaya), Desa Bantarkalong. Dia sangat bersyukur kini di kampungnya dikembangkan budidaya ikan nila.

“Sekarang kami bersama masyarkat dan pemuda lewat budidaya ikan nila bisa meningkatkan penghasilan dan peningkatan ekonomi di daerahnya,” harap Tono.***

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Advertisement

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *