11 Medali PON XX Papua, Pemkab Tasik Beri Apa pada Atlet?

  • Bagikan
Pemkab Tasikmalaya menyambut kedatangan atlet yang berprestasi pada PON XX Papua. (Foto: kapol.id/Amin R. Iskandar)

KAPOL.ID—Ada 11 medali yang atlet asal Kabupaten Tasikmalaya sumbangkan kepada Provinsi Jawa Barat dari ajang PON XX Papua. Ketua KONI Kabupaten Tasikmalaya, Saeful Hidayat mengemukakan bahwa prestasi tersebut ikut menopang nama baik Kabupaten Tasikmalaya.

Saeful juga menginformasikan bahwa para atlet sudah dibina oleh cabang olah raga masing masing, di bawah koordinasi KONI dan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga, Nana Heryana sangat mengapresiasi prestasi para atlet tersebut. Dirinya bahkan berharap Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya bisa memberikan sesuatu.

“Kalau itu (penghargaan) mungkin Pak Bupati sedang merencanakan. Dalam hal ini bukan reward, ya, tapi apresiasi. Itu nanti akan kami komunikasikan, karena Pak Bupati sudah berjanji ingin memberikan apresiasi,” terang Nana.

Nana belum bisa menyebutkan apa bentuk dari aspirasinya. Pada intinya, pihaknya berharap yang terbaik bagi para atlet. Nana bahkah sangat ingin para atlet bisa menjadi ASN, sekalipun ada prosedur yang mesti ditempuh.

“Itu (atlet jadi ASN) sebetulnya keinginan semua, ya. Karena dengan kehilangan atlet itu kan sayang. Apalagi kalau dia itu menjadi ASN di luar Jawa, itu salah satunya,” tandas Nana.

Pernyataan apresiasi juga disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Mohamad Zen. Menurutnya, pencapaian atlet tersebut wujud dari ketangguhan dan kristalisasi karakter.

“Ini menandakan ketangguhan, pertama jiwanya, kedua secara teknis keolahragaannya menjadi bagian yang membanggakan kita. Dengan berprestasi itu berarti mereka teruji,” ujar Zen.

Keyakinan Zen tersebut berdasarkan penilaian bahwa untuk mencapai prestasi pada ajang PON tidak mungkin ujug-ujug; melainkan hasil proses sangat panjang. Kalau yang biasa-biasa, kata Zen, jangankan ikut PON karena di level lebih bawah pun biasanya sudah rontok.

“Prestasi itu tidak bisa dibuat-buat. Itu betul-betul hasil keringat yang luar biasa. Untuk itu secara pribadi dan pemerintah mengucapkan selamat dan mengapresiasi. Mudah-mudahan ini menjadi awal, jangan akhir, untuk prestasi-prestasi selanjutnya,” tandasnya.

  • Bagikan