Besok, Peluncuran Buku Pengabdi Seni Tasik di Gedung Kesenian Tasikmalaya

  • Bagikan
Hendra J. Rustandi (tengah) memberikan keterangan pers Anugerah Budaya dan Peluncuran Buku Pengabdi Seni Tasik di Gedung Kesenian Tasikmalaya.*

KAPOL.ID –
Peluncuran Buku Pengabdi Seni Tasik bakal berlangsung di Gedung Kesenian Tasikmalaya (GKT), Sabtu (19/11/2021).

Dirangkaikan dengan Anugerah Budaya Kota Tasikmalaya 2021 kepada seniman Tasikmalaya.

“Peluncuran buku sebagai upaya pendokumentasian karya-karya seniman, budayawan yang berkiprah untuk Tasik,” ucap Wakil Ketua DKKT, Hendra J. Rustandi.

Sekaligus, lanjut dia, memberikan penghargaan bagi seseorang yang membawa nama Kota Tasikmalaya ke kancah dan pergaulan budaya ke wilayah yang lebih luas.

Serta memiliki dedikasi dan konsistensi dalam menapaki bidang seni budaya yang digelutinya dan lain sebagainya.

“Buku ‘Pengabdi Seni Tasik’ penerima anugerah budaya sebelumnya, dan besok itu sekaligus penganugerahan kepada seniman dan budayawan tahun 2021,” jelasnya.

Kota Tasikmalaya yang saat ini berusia 20 tahun telah 6 tahun memberikan penghargaan kepada pelaku seni budaya.

“Ini merupakan sebuah manifestasi dari cara kita menghargai nilai-nilai seni budaya yang ada dan hidup di sekitar kita,” terangnya.

Sekretaris DKKT, Kepler Sianturi mengatakan, anugerah budaya setidaknya memulai lompatan kultural dengan menempatkan dan melibatkan pelaku seni budaya.

Tim penilai bekerja atas dasar kriteria-kriteria yang dibentuk dan disepakati bersama yakni antara lain kiprah seniman, budayawan, dan kelompok.

“Penerima anugerah budaya adalah pelaku seni dan budaya memberikan kontribusi riil bagi khazanah dan perkembangan seni budaya di Kota Tasikmalaya,” katanya.***

  • Bagikan