Bocor, Kades dan Warga Gotong Royong Perbaiki Pipa Besar Irigasi Padawaras

  • Bagikan
Anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya dari Fraksi Gerindra, Haris Somantri dan Kades Bantarkalong ikut gotong royong memperbaiki pipa irigasi Padawaras.*

KAPOL.ID-
Pemdes Bantarkalong Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya dan sejumlah warga gotong royong menambal pipa saluran irigasi Padawaras, Minggu (24/10/2021).

Pasalnya air di saluran tersebut untuk mencukupi kebutuhan pesawahan dan kebutuhan rumah tangga (MCK).

“Pipa besar dari besi itu sudah korosi dimakan usia. Tanah saluran di atasnya longsor didera hujan deras, sejumlah titik bocor.”

“Makanya dilakukan perbaikan swadaya. Perbaikan dari BPSDA katanya sih tahun 2022,” ucap Kepala Desa Bantarkalong, H. Yani.

Ia mengatakan, pipa tersebut sangat vital bagi warga Bantarkalong dan Desa Sindangkerta serta desa yang dilalui irigasi Padawaras.

“Pasokan air yang normal sangat dibutuhkan warga,” jelas Yani saat ditemui di lokasi perbaikan di Kampung Cileuni.

Pihaknya dengan warga dan pengusaha lokal kata Yani, berupaya memperbaiki saluran itu dengan mendatangkan alat-alat las (diesel) yang ada.

“Seharusnya sih pihak terkait cepat tanggap berupaya memperbaiki saluran yang bocor.”

“Ini sangat darurat tidak bisa menunggu,” tegas Dudang mantan Kades Bantarkalong.

Salah satu pengusaha Batu Ziolit asal Sindangkerta, Jepri menambahkan, dampaknya warga Sindangkerta ketar-ketir kesulitan air.

“Kami turut membantu Kades Bantarkalong dan warganya untuk memperbaiki saluran yang bocor.”

“Bagi warga Sindangkerta pasokan air bisa normal kembali saat yang paling ditunggu-tunggu,” jelas Jepri ikut langsung membantu di lokasi.

Anggota Komisi III DPRD Kab. Tasikmalaya Komisi III dari Fraksi Gerinda, Haris Somantri akan berupaya menyampaikan keluhan kepada pihak terkait.

“Ya sejatinya pihak BPSDA cepat tanggap segera memperbaiki saluran yang bocor, tidak menunggu tahun 2022.”

“Karena sangat dibutuhkan warga, apalagi menghadapi musin tanam dan panen padi,” jelas Haris.***

  • Bagikan