OPINI  

Buku Kegiatan Ramadan Berbasis Augmented Reality QR Code

Dian Sugiana, S.Pd.
Guru SMP Negeri 1 Cibalong Kab. Tasikmalaya
Pengurus DKM Fathurridlo Cibaregbeg Kel.Tugujaya Kota Tasikmalaya

Seraya menghela nafas panjang, penulis ungkapkan alhamdulillah bisa berbagi dengan sepenuh hati dalam mewarnai lingkungan pendidikan dan masyarakat terkait akan tibanya Bulan Ramadan 1443 H.

Dengan tidak mengurangi rasa hormat maka dalam tulisan ini ada hal yang akan penulis bagikan. Tulisan ini berhubungan dengan kegiatan siswa muslim dalam mengisi Bulan Ramadan.

Tulisan ini terkait ide tentang wacana kegiatan yang dilaksanakan siswa yang bisa dikemas dalam bentuk Augmented Reality. Kita mengetahui bahwa umumnya kegiatan aktivitas siswa di Bulan Ramadan dikemas dalam sebuah buku kegiatan Ramadan.

Buku ini berisi mengenai berbagai kegiatan sebagai laporan kegiatan yang dikerjakan siswa dengan sepenuh hati dan kejujuran.

Penulis menggulirkan ide Augmented Reality karena memiliki dasar pemikiran yang berinti bahwa di era revolusi industri 4.0 ini semua yang bersifat fisik akan beralih ke digital dan berbasis teknologi. Terkait dengan literatur pengertian Augmented Reality dan jenisnya telah penulis paparkan pada opini di media Kapol.id edisi 24/2/2022. Jenis Augmented Reality yang akan dibahas adalah jenis QR Code.