“Cek Sound” Pemilu 2024 Mulai Terdengar, Kondusivitas Wilayah Mesti Terjaga

  • Bagikan
Kesbangpol terus berupaya menjaga kondusivitas wilayah Kabupaten Tasikmalaya. (Foto: kapol.id/Amin R. Iskandar)

KAPOL.ID–Riak politik menuju Pemilu 2024 mulai terdeteksi di Kabupaten Tasikmalaya. Asep Gunadi mengemukakan hal tersebut kala masih menjabat Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Tasikmalaya. Istilah yang dikemukakannya adalah “cek sound”.

Pria yang sejak Jumat (3/12/2021) menduduki jabatan Sekretaris Badan Kesbangpol Kabupaten Tasikmalaya itu kemudian mengemukakan, bahwa pihaknya mesti melakukan berbagai upaya demi menjaga kondusivitas wilayahnya.

Secara teknis, kata Gunadi, Bidang Politik Dalam Negeri pada Kesbangpol senantiasa membangun komunikasi dengan partai politik. Karena bidang tersebut berwenang melakukan pembinaan terhadap partai politik dan kegiatan politik.

“Karena itu kami terus mencoba untuk mengkomunikasikan terkait dengan kesiapan-kesiapan para calon peserta Pemilu, baik Pileg maupun Pilkada yang akan datang. Sehingga kecenderungan informasi ini tidak tersumbat,” terang Gubadi, Kamis (2/12/2021).

Upaya menjaga kondusivitas wilayah Kabupaten Tasikmalaya juga dilakukan oleh Bidang Kewaspadaan Daerah, yaitu terkait dengan deteksi dini. Bidang ini meningkatkan kewaspadaan secara kolaboratif dengan komunitas intelejen di daerah-daerah.

“Terkait deteksi dini ini kami juga bersinergi dengan mitra-mitra kami, termasuk mitra strategis yang ada di forum-forum dan Ormas. Itu sudah kita lakukan, apakah melalui pertemuan rutin tiap bulan ataupun melalui komunikasi yang berjenjang,” lanjutnya.

Dengan langkah-langkah tersebut, Gunadi meyakini pihaknya akan mampu meminimalisir munculnya gejolak-gejolak yang mengancam kondusivitas wilayah. Karena hingga titik tertentu perhelatan politik dapat memicu konflik.

Upaya selanjutnya menjadi kewenangan bidang yang menangani penguatan ideologi negara dan wawasan kebangsaan. Bidang ini juga bergerak terhadap stakeholder melalui berbagai kegiatan.

“Pada prinsipnya, semua sudah kami mulai lakukan untuk mewujudkan Kabupaten Tasikmalaya yang kondusif. Tentunya tidak hanya menjelang Pemilu 2024, tetapi setiap saat kami berusaha mewujudkan Kabupaten Tasikmalaya yang kondusif,” Gunadi menandaskan.

  • Bagikan