Dandim : Perjuangan dan Pengorbanan Pejuang Harus Jadi Inspirasi Prajurit

SUMEDANG, (KAPOL).- Dandim 0610/Sumedang Letkol Arh Novianto Firmansyah S.E.M.Tr (Han) bertindak sebagai inspektur upacara “Ziarah di Taman Makam Pahlawan Cimayor Sumedang” di Jalan Cimayor Sumedang, Jumat (4/10/2019).

Ziarah tersebut, dalaksanakan dalam rangka mengisi kegiatan Peringatan HUT ke-74 TNI Tahun 2019 di wilayah Kabupaten Sumedang.

Upacara ziarah berlangsung dengan khidmat dan diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan.

Kemudian, peletakan karangan bunga dan diakhiri dengan tabur bunga oleh pimpinan ziarah, rombongan serta diikuti para peserta ziarah.

Dalam pelaksanaan upacara Ziarah Ke TMP Cimayor ini kita melibatkan pasukan dari Kodim Sumedang dan Yonif 301 R/PKS, Polres Sumedang, Ibu-ibu Persit Kodim Sumedang dan Yonif 301, Satpol PP, Ormas FKPPI dan Pelajar dari SMK Pemuda.

“Pada tanggal 5 Oktober tahun ini, genap sudah 74 tahun keberadaan TNI sebagai garda terdepan dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ucap Novianto.

Sebagai prajurit, Ia merasa bangga dan terhormat mengemban tugas dan amanah ini.

“Namun disisi lain dengan ketulusan dan keikhlasan para pejuang dalam meraih kemerdekaan yang saat ini telah kita nikmati bersama, terus terang sayang sangat terharu,” imbuhnya.

Karena rasanya semua yang kita bisa perbuat hari ini, adalah buah dari pengorbanan nyawa dan harta para pejuang.

Novianto mengungkapkan, perjuangan dan pengorbanan para pejuang tersebut harus menjadi inspirasi dan motivasi bagi seluruh anak bangsa.

Khususnya prajurit TNI untuk bersikap profesional secara total, untuk kesejahteraan rakyat.

Hal senada diucapkan Kapolres Sumednag AKBP Hartoyo S.I.K. M.H melalui Wakapolres Sumedang Kompol Sigit, bahwa pihak kepolisian khususnya jajaran Polres Sumedang mengucapkan “DIRGAHAYU TNI Ke 74″

Keikutsertaan personil Polres Sumedang dalam pelaksanaan upacara ziarah nasional HUT TNI ke-74 merupakan wujud nyata sinergitas dan soliditas TNI-Polri di Kabupaten Sumedang.

“Sebagai pilar NKRI, saat ini TNI-Polri semakin solid dalam bersinergi untuk menjaga stabilitas kamtibmas yang kondusif di wilayah Kabupaten Sumedang,” tuturnya.

Semoga TNI selalu profesional dan menjadi kebanggaan rakyat. (KP-09/rls)***

Diskusikan di Facebook