Di Garut Ada Camp David yang Keren

Ada Taman Nasional di Amerika yang namanya juga disebut-sebut di Garut. Camp David. Boleh jadi lantaran kontur alam yang mirip. Camp David atau Naval Support Facility Thurmont adalah tempat peristirahatan Presiden Amerika Serikat di Taman Catoctin Maryland, di luar Whasington DC.

Lalu apa kaitannya dengan Camp David di Kabupaten Garut? Tidak ada yang tahu pasti, yang jelas lapangan luas di kawasan Gunung Papandayan itu dikenal dengan nama itu. Para wisatawan yang menjelajah, biasanya memarkir kendaraan di sana.

Di areal yang tak terpisahkan dari kawasan wisata Gunung Api Papandayan ini, pengunjung mendaftar. Selain itu bisa menginap dan makan-minum, sambil beraktivitas bebas.

Selain Camp David, banyak tempat menarik untuk dijelah di Gunung Papandayan. Seperti diketahui, tahun 2002 lalu gunung ini meletus. Semburan abu panas gunung ini mengakibatkan munculnya areal Hutan Mati yang indah.

Dinamai Hutan Mati karena di areal ini semua pepohonan memang mati — akibat tersiram debu panas 2002 lalu. Kendati demikian, pepohonan mati tersebut masih tetap tegak berdiri meskipun dalam kondisi gosong atau menghitam.

Selain itu, sejak tahun 2017 lalu, kawasan Gunung Papandayan pun dilengkapi dengan pemandian air panas yang airnya langsung dialirkan dari kawah Papandayan. Dengan suhu sekitar 30- 40 derajat Celcius, air dari kawah Papandayan ditampung dalam dua kolam. Yang satu untuk anak-anak, satu lagi untuk dewasa.

Kolam ini dibangun oleh pengelola objek wisata Papandayan, PT Asri Indah Lestari. Sambil berenang, para pengunjung bisa menikmati kepulan asap putih dari kawah Papandayan yang membumbung tinggi.

Seperti yang dilansir panasbuminews.com, kawah di Papandayan jumlahnya cukup banyak. Salah satu yang unik adalah Kawah Mas yang lebarnya lebih dari 150 meter. Kawah ini mengeluarkan suara gemuruh seperti pesawat tempur.

Ada lagi tempat bernama Pondok Saladah. Di sinilah biasanya para wisatawan mendirikan tenda. Arealnya luas dan datar dengan spot yang indah. Pada musim liburan, ratusan tenda biasanya meramaikan Pondok Salada.

Satu lagi spot yang indah yang dimiliki Papandayan adalah Taman Eldeweis yang berlokasi di Tegal Alun, tak jauh dari Pondok Salada. Bersyukur muntahan abu Papandayan 2002 lalu tak memusnahkan taman bunga alami ini. Seperti diketahui, Eldeweis dinamakan juga bunga abadi sebab tumbuh sepanjang masa.

Untuk menjelajahi Papandayan, pengunjung bisa melalui dua pintu masuk. Pertama via Pangalengan, Kabupaten Bandung dan kedua via Cisurupan, Kabupaten Garut. Kabar baiknya, jalan menuju objek wisata Papandayan kini bagus seiring dengan perbaikan yang dilakukan pihak Pemkab Garut. (es)

Diskusikan di Facebook