Eksotisme Curug Apun Tasik

  • Bagikan
Curug Apun di Kp. Sampalanlega Desa Cintawangi Kec. Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya.*

KAPOL.ID-
Curug Apun di Kp. Sampalanlega Desa Cintawangi Kec. Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya menyimpan keeksotisannya.

Air terjun setinggi lebih dari dua puluh meter tersebut menjadi primadona penggemar olahraga ekstrim.

“Curug ini sudah lama dikenal oleh warga Sampalanlega, tak hanya warga lokal juga banyak dikunjungi oleh pengunjung dari luar.”

“Seperti dari Kota Tasik, Bandung, Jakarta dan kota lainnya. Terutama dari komunitas pemanjat tebing,” kata Kucep Purbady, warga Sampalanlega.

Kepala Desa Cintawangi Tohir menjelaskan, sudah sekitar dua minggu pembenahan akses jalan dari Kampung Sempalanlega menuju Curug Apun.

“Pelebaran dan penataan jalan dengan padat karya hingga ke lokasi Curug untuk memudahkan pengunjung datang,” jelasnya kepada KAPOL.ID.

Penataan akses jalan menuju lokasi sambung Tohir, termasuk lahan parkir kendaraan roda empat tidak jauh dari jalan utama.

“Ini baru tahap awal bersumber dari Dana Desa (DD). Sarana penunjang lainnya seperti tempat kuliner dan gazebo nanti tahap kedua,” katanya.

Jika semua penunjang sudah lengkap, pihaknya berharap destinasi Curug wisata ini bisa mendongkrak ekonomi warga setempat.

Asal mula

Curug Apun tutur Kucep, cerita orangtua dahulu memiliki dua versi. Pertama ada salah satu jawara yang ingin menjajal kesaktian.

Karena kegagalannya melompat dari atas atau dasar curug lalu mengalah dan meminta ampun.

“Mungkin dari kalimat ampun tadi,” tuturnya.

Versi kedua, lanjut dia, ramalan atau (Uga Cantigi) kelak seluruh wilayah jika Ciwulan terbendung airnya sampai di Curug Apun.

“Nah konon menurut versi ini juga nama Curug Apun muncul. Ya ampun airnya tidak sampai merendam Sampalanlega,” jelas Kucep sambil tersenyum.***

  • Bagikan