Empat Desa di Tanjungsari, Laksanakan Pilkades Serentak 2020

SUMEDANG, (KAPOL).- Dalam rangka mempertajam kesiapan Pilkades di Kec. Tanjungsari, digelar rapat persiapan Pemilihan Kepala Desa Serentak Gelombang III Tahun 2020 Tahun Anggaran 2019.

Kegiatan dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Tanjungsari.

Dihadiri, Camat Tanjungsari Ida F Sobandi, Kapolsek Tanjungsari Kompol Deden Mulyana SH., MH, Danramil Tanjungsari, Kapten Inf. Dedi Ruanto.

Kabib Pemdes DPMD Kabupaten Sumedang, Drs.H. Nuryadin M, Si mengatakan, pihaknya memberikan pemahaman tentang Pilkades serentak, agar berjalan sukses tanpa ekses.

Sehingga nanti pemilihan kades bisa menghasilkan pemilih yang terbaik.

“Permasalahan-permasalahan mekanisme yang akan terjadi pasti terkait keamanan. Dan apabila kemudian terjadi permasalahan dilapangan terutama masalah keamanan semoga saja bisa diselesaikan dengan musyawarah oleh semua unsur, dikarenakaan semuanya sudah tercover di dalam aturan,” tandasnya, Kamis (21/11).

Ia menuturkan, karena pilkades ini adalah pemilihan yang bergesekan secara langsung dengan masyarakat. Maka, ketika ada masalah itu muncul karena kurangnya sosialisasi.

Akan tetapi terkadang masyarakat enggan untuk membaca/mencari tentang Informasi Pilkades.

Pajak

“Masyarakat selalu beranggapan bahwa aturan maennya sama dengan Pileg padahal sangat jauh berbeda,” katanya.

Sehingga, kata dia, apabila dikemudian hari ada masalah muncul dan tidak bisa di selesaikan, maka silahkan saja ke pengadilan sesuai regulasi yang sudah di tentukan.

Sementara, Camat Tanjungsari, Drs.Ida Farida mengatakan, kegiatan ini di hadiri BPD, panitia Pilkades yang akan digelar di empat Dldesa yakni Margaluyu, Pasigaran, Gudang dan Cijambu.

“Kami atas nama Muspika Tanjungsari akan memantau terus agar tidak ada kejadian sesuatu hal apapun, maka pentingnya Koordinasi dengan panitia pelaksana Pilkades,” ujarnya.

Menurutnya, apabila terjadi hal yang tidak di inginkan secepatnya koordinasi dengan kami, akan tetapi saya yakin semuanya akan berjalan lancar, apalagi dengan adanya pemaparan dari Kabib Dinas PMD yang begitu jelas.

“Kami berkomitmen untuk menyukseskan Pilkades serentak tahun 2020 mendatang,” tutupnya. (KP-09)***

Diskusikan di Facebook