Hari Jadi ke-379 Tatar Galuh Momentum Bangkit di Segala Sektor

  • Bagikan
Suasana pandemi masih membayangi HUT ke-379 Kabupaten Ciamis. Bupati menyampaikan sambutan secara virtual.

KAPOL.ID – “Wilujeng milangkala ka-379 Tatar Galuh Kabupaten Ciamis nu ka-379. Ciamis Bangkit Mahayuna Ayuna Kadatuan, Pakena Gawe Rahayu, Pikeun Heubeul Jaya Dibuana,” ujar Bupati Ciamis Herdiat Sunarya.

Ungkapan itu menepis kegalauan suasana pandemi Covid-19. Hari jadi menjadi spirit untuk bangkit mahayuna ayuna kadatuan, meningkatkan masyarakat Ciamis dan menumbuhkan perekonomian daerah.

Herdiat menyampaikan pidato secara virtual dipusatkan di aula Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, Jumat (11/6/2021).

Herdiat mengajak momentum Hari Jadi Ciamis sebagai media introspeksi dan lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt.

“Semoga pandemi covid-19 segera berakhir dan kita semua dapat beraktivitas sebagaimana biasa,” ucapnya.

“Pandemi Covid-19 ini telah berdampak terhadap menurunnya tingkat kesehatan, aspek sosial, dan perekonomian, pada momentum ini kami aktualisasikan melalui tema ‘Dengan Semangat Hari Jadi Ke-379 Kabupaten Ciamis, Kita Tingkatkan Ciamis Sehat dan Bangkitkan Perekonomian Daerah, Ciamis Maju, Mandiri dan Sejahtera Untuk Semua’,” kata Bupati.

Menurutnya, tema tersebut memiliki makna masyarakat harus tetap optimis dan semangat untuk segera bangkit walaupun situasi dan kondisi kesehatan, sosial serta ekonomi saat ini mengalami penurunan akibat pandemi covid-19.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga menyampaikan kebanggaannya atas beberapa prestasi yang diperoleh Kabupaten Ciamis seperti Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI) yang ke-8 (delapan) kali secara berturut-turut.

“Hal tersebut merupakan apresiasi atas kerja keras dan kinerja kita semua dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan dan pembangunan yang transparan dan akuntabel,” Katanya.

Selain itu, Ciamis juga memperoleh prestasi level 3 (tiga) maturitas sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) dari BPKP, prestasi baik pada evaluasi akuntabilitas kinerja pemerintah daerah dari KEMENPANRB, Swastisaba Kabupaten Sehat dari Kemendagri dan Kemenkes serta Anubhawa sasana desa atau desa sadar hukum dari Kemenhum dan HAM.

Terakhir, Bupati juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada para ASN yang telah memasuki masa pensiun serta apresiasi yang setinggi-tingginya atas curahan tenaga, pikiran, dedikasi dan pengabdiannya selama bertugas.

Tidak luput disempatkan pula peresmian proyek (penandatanganan prasasti), penyerahan penghargaan dan pemberian uang kadeudeuh bagi Purna Bhakti ASN yang dilaksanakan secara simbolis oleh Bupati Ciamis. [mg]

  • Bagikan