Kapolres dan Indag Sidak Pasar, Harga Tak Stabil

  • Bagikan
Kapolres Tasikmalaya beserta Kepala Dinas Indag dan jajaran meninjau situasi pasar Singaparna. (Foto: istimewa)

KAPOL.ID–Sudah hampir sepekan terakhir berbagai kebutuhan masyarakat seperti sembako mengalami kenaikan yang sangat signifikan. Harga cabe rawit naik dari Rp 35.000 menjadi Rp 90.000 per kilogram, telor ayam dari kisaran 20.000 menjadi 32.000 per kilogram.

“Kalau mau tahun baru memang sudah biasa seperti ini, Pa,” terang seorang pedagang sembako yang berada di pasar Singaparna, merespon pertanyaan Kapolres Tasikmalaya AKBP Rimsyahtono bersama Kepala Dinas Indag Kabupaten Tasikmalaya Iwan Ridwan saat melakukan Sidak, Kamis (30/12/2021).

Dari hasil sidak tersebut, Rimsyahtono mengatakan bahwa berdasarkan patauan di lapangan, ternyata harga jual sembako, terutama jenis sayuran di masing-masing kios tidak merata.

“Berdasarkan hasil pantauan di lapangan, ternyata tidak ada keseragaman harga. Seperti harga cabe rawit, di satu kios ada yang 90.000, 80.000, bahkan yang 70.000 per kilo juga ada,” terang Rimsyahtono.

Sementara itu, Iwan Ridwan mengatakan ketidak seragaman harga tersebut kemungkinan terjadi karena adanya permainan dari pihak distributor.

“Kita tentunya akan melakukan penelusuran, tentang kenapa hal ini bisa terjadi,” kata Iwan.

Ketika disinggung mengenai kemungkinan terjadinya upaya penimbunan barang, Kapolres dengan tegas mengatakan hal itu jangan sampai terjadi.

“Kita melakukan Sidak ini, dengan satuan Reskrim. Jika terjadi hal itu, mereka pasti bertindak,” tandasnya.

  • Bagikan