Kemenag Syukuri Perda tentang Fasilitasi Pondok Pesantren

  • Bagikan
Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kemenag Kabupaten Tasikmalaya, Dedi Anwar Muhtadin. (Foto: kapol.id/Amin R. Iskandar)

KAPOL.ID–Salah satu pihak yang bergembira akan kemungkinan lahirnya Perda tentang Fasilitasi Penyelenggaraan Pondok Pesantren di Kabupaten Tasikmalaya adalah kantor Kemenag. Dedi Anwar Muhtadin mengatakan langsung hal tersebut.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kemenag Kabupaten Tasikmalaya itu hadir pada rapat Pansus dalam pembahasan Ranperda, mewakili Kepala Kemenag. Pansus sendiri terdiri atas Komisi IV DPRD, sekaligus pihak yang berinisiatif mengusulkan Ranperda.

“Tentu kami dari kantor Kemenag sangat bersyukur. Mudah-mudahan sukses dan lancar. Kami juga sangat mengapresiasi DPRD yang berinisiatif mengusulkan Ranperda tersebut,” ujar Dedi di Ruang Serba Guna gedung DPRD.

Baca Juga: Tiga Poin Krusial dalam Ranperda Fasilitasi Pondok Pesantren

Di samping bersyukur dan mengapresiasi, Dedi juga mendoakan agar program tersebut menjadi kebaikan sekaligus amal saleh yang makbulah bagi DPRD. Karena pihaknya meyakini kalau nantinya Perda tersebut bermanfaat untuk umat.

“Kami berharap dengan Perda ini Kemenag bisa menghadapi pondok pesantren lebih semangat, lebih kuat dan lebih bermanfaat lagi bagi umat. Dalam pembahasan Ranperda ini, Kemenag hanya membantun menyesuaikan dengan Undang-undang, Peraturan Menteri Agama dan Peraturan Pemerintah tentang Kepesantrenan,” tandasnya.

Ketua Pansus Ranperda tentang Fasilitasi Penyelenggaran Pesantren, Asop Sopiudin menginformasikan bahwa pembahasan Ranperda sudah memasuki tahap finalisasi. Mungkin satu pekan ke depan akan benar-benar rampung.

“Mudah-mudahan kita dapat mengesahkannya secepat mungkin. Kalau melihat jadwal paripurna terdekat sih sebelum peringatan Hari Santri (22 Oktober). Tapi itu bisa berubah, tergantung Badan Musyawarah; bisa lebih cepat atau mundur,” terang Asop.

  • Bagikan