Terhubung dengan KAPOL

WISATA

Kota Tasik ‘Titik Getar’ Priangan

|

KAPOL.ID – Kota Tasikmalaya ini menjadi ‘titik getar’ di Priangan Timur. Kreativitas dan potensi masyarakat Tasikmalaya sangat luar biasa. Potensi itu mampu mengangkat citra Kota Tasikmalaya sebagai Kota Industri Kreatif dan destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan.

Demikian dikatakan Taufiequrachman Ruki saat Peresmian Hotel Grand Metro Tasikmalaya, Jumat (10/1/2020).

“Kunci utama suatu kota termasuk kunci utama kesuksesan hotel adalah sense of services. Sense of services ini keramahan dengan senyum sapa salam sopan santun, kepuasan melayani, kecepatan dan ketepatan dalam bertindak, kerapihan dan kebersihan dalam penampilan, perilaku tuan rumah yang welcome terhadap tamu, kenyamanan dan keamanan tempat atau lingkungan,” ujarnya.

Ia bercerita pernah berbicara dengan seorang menteri kala itu di Manado. Di Indonesia ada tiga tempat yang sudah layak dalam hal bisnis perhotelan, yaitu Bali, Yogyakarta, dan Bandung.

Ketiga tempat itu sudah menerapkan sense of services yang luar biasa. Bahkan Bali termasuk tiga besar di dunia yang menjadi destinasi wisata.

“Tasikmalaya harus bisa menunjukkan sense of services seperti ketiga tempat di atas. Betahnya seseorang ke suatu daerah sangat ditentukan oleh penerimaan masyarakatnya. Hotel sangat ditentukan oleh servicenya seperti apa. Merasa diperlakukan seperti bagian dari keluarga”, katanya.

Ruki berharap dan mengajak tamu yang hadir untuk segera bangkit menunjukkan sense of services.

“Keunggulan teknologi dengan Vietnam saja kita sudah kalah. Meski kalah dalam hal teknologi, tapi mari kita unggul dalam menunjukkan sikap beradab, beretika, berakhlak, berkerukunan, dan membangun suasana yang kondusif,” ujarnya.

“Semoga ke depan Tasikmalaya menjadi kota yang lebih kreatif dan ramah sehingga menjadi tujuan utama wisatawan lokal dan dunia,” kata Ruki yang pernah menjabat Ketua KPK periode 2003-2007 ini.

Hadir pada kesempatan tersebut, Direktur Hotel Grand Metro Daniel, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tasikmalaya, Wali Kota Banjar, Wali Kota Tasikmalaya Periode 2007-2012, Ketua DPRD, Danlanud, DanBrigif 13 Galuh, Dandim, Ketua dan Sekum MUI. (Ilam Maolani)

Diskusikan di Facebook

Silakan mengirim pesan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *