Connect with us

PENDIDIKAN

KPAD Rekomendasikan Wali Kota Tasik Beri Kuota Internet Bagi Pelajar

|

Ketua KPAD Kota Tasik, Eki Sirajul.*

KAPOL.ID –
Pembelajaran dengan metode daring di tahun ajaran baru sekolah bulan ini, Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Kota Tasikmalaya kirim surat ke Wali Kota Tasikmalaya, H. Budi Budiman, Kamis (2/7/2020).

Salah satu poin rekomendasinya, pemerintah bisa menyediakan dukungan anggaran bagi anak yang memiliki keterbatasan sarana prasarana, akses internet dengan memerhatikan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

“Simpelnya kuota internet untuk belajar daring. Sebab jika dikalkulasikan biayanya lumayan besar.”

“Adapula anak-anak yang tidak memiliki smartphone untuk menopang pembelajaran daring,” ujar Ketua KPAD Kota Tasikmalaya, Eki Sirajul kepada KAPOL.ID.

Selain kuota, kata dia, ada empat poin lainnya hasil pembicaraan dengan siswa, orang tua hingga tenaga pendidikan secara virtual kemarin.

Pemkot Tasik perlu mempersiapkan menuju fase Adaptasi Kebiasaan Baru terutama di bidang pendidikan.

“Selain proses pembelajaran daring, perlu mempertimbangkan proses pembelajaran secara tatap muka.”

“Perlu dibuat metode pembelajaran inovatif dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan,” katanya.

Pada poin lainnya, pencegahan secara regular baik sebelum maupun saat masa kegiatan belajar mengajar untuk mengantisipasi munculnya kluster penyebaran baru di lembaga pendidikan.

“Upaya untuk menjamin dan melindungi anak dari paparan Covid-19. Lalu pembinaan secara berkelanjutan terhadap anak-anak putus sekolah.”

“Termasuk anak-anak yang menjadi pengamen, pemulung, badut dan manusia silver di persimpangan jalan,” ucap Eki.

Diberitakan sebelumnya Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya masih menunggu arahan Kemendikbud terkait pembelajaran di tahun ajaran baru 2020/2021.

Meskipun kemungkinan besar akan tetap menggunakan metode secara daring sambil menunggu level hijau, dimana pembelajaran tatap muka diperbolehkan dengan protokol kesehatan ketat. ***

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Advertisement

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *