KABAR POLISI

Mudik ke Tasik Biar Selamat, Kenali Medan Jalur Garut Singaparna

×

Mudik ke Tasik Biar Selamat, Kenali Medan Jalur Garut Singaparna

Sebarkan artikel ini
Mudik
Sejumlah pihak berwenang di Kabupaten Tasikmalaya siap kawal arus mudik. (Foto: kapol.id/Amin R. Iskandar)

KAPOL.ID — Ada dua jalur alternatif bagi pemudik yang melintasi Tasikmalaya; yaitu jalur selatan dan jalur selatan pantai. Jalur selatan adalah jalur antara Kabupaten Garut-Singaparna-Kota Tasikmalaya.

Berdasarkan prediksi pihak kepolisian, akan banyak pemudik yang melintas jalur selatan tersebut manakala terjadi kepadatan parah di jalur utara. Yaitu jalur Limbangan-Malangbong-Gentong-Kota Tasikmalaya.

Saat melintasi jalur perbatasan Garut-Singaparna, ada sejumlah resiko yang mungkin dihadapi oleh para pemudik. Karena itu, perlu kehati-hatian ekstra dari para pemudik.

“Untuk jalur selatan ini, yaitu jalur dari perbatasan Garut sampai Tasikmalaya Kota, memang dari segi kontur jalan kerawanannya apabila turun hujan, itu suka terjadi longsor,” terang Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Tasikmalaya, Kompol Galatiko Nagiwanto, Jumat (5/4/2024).

Selain kondisi tanah yang labil, jalur tersebut juga minim penerangan. Menurut Galatiko, karena medannya berupa tebing-tebing sehingga butuh tambahan penerangan.

“Karena itu, untuk pengendara yang melintasi arus selatan ini diharapkan kendaraannya betul-betul maksimal, siap untuk mudik. Pengendara juga harus berhati-hati dan penuh konsentrasi,” harap Galatiko.

Di pihak lain, Kaur Bin Ops (KBO) pada Satlantas Polres Tasikmalaya, Ipda Indra juga mengemukakan hal sama. Katanya, jalur Salawu memang rawan bencana.

“Itu terutama pada saat turun hujan, nya. Kami dari Satlantas, khususnya dari Unit Gakkum sudah melakukan imbauan baik secara verbal maupun secara fisik,” ujar Indra.

Imbauan secara fisik yang Indra maksud antara lain mencetak banner dan menempatkannya di titik-titik rawan longsor. Fungsi banner tersebut untuk memberikan informasi kepada para pengguna jalan.

“Jadi informasi itu berlaku baik bagi yang nanti arus mudik maupun arus balik. Sementara untuk antisipasi lainnya, kami juga akan siapkan alat berat di sekitar Salawu,” pungkas Indra.

Adapun berdasarkan pantauan kapol.id, jalur perbatasan Garut hingga Salawu memang banyak jalanan yang tidak rada. Selain yang berlubang, ada juga jalan yang bergelombang. Atau menjadi tidak rata karena banyak tambalan.

Support KAPOL with subscribe, like, share, and comment

Youtube : https://www.youtube.com/c/kapoltv

Portal Web : https://kapol.tv/
Portal Berita : https://kapol.id/
Facebook : https://www.facebook.com/kabar.pol
Twiter : https://twitter.com/kapoltv