KANAL  

Pemuda MES Dukung Pemerintah Ciptakan Muslim Preneur dari Masjid dan Pesantren

KAPOL.ID – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) memastikan mendukung UMKM termasuk mencetak para wirausaha muda.

Dukungan tersebut salah satunya ditunjukkan dengan menggelar kompetisi Talenta Wirausaha BSI.

Program Talenta Wirausaha BSI akan mendukung tumbuhnya MuslimPreneur di pesantren dan masjid di seluruh Indonesia.

Dengan kata lain, program ini lahir untuk memberdayakan pemuda-pemudi Islam dari segi ekonomi.

Menanggapi peluncuran Talenta Wirausaha BSI, Ketua Komite Pemuda Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), M. Arief Rosyid Hasan, menyampaikan apresiasi tertinggi terhadap program ini.

“Sudah tidak ada waktu untuk bersantai. Teman-teman muda harus maju sebagai pemimpin, termasuk di sektor ekonomi. Lahirnya Talenta Wirausaha BSI menunjukkan komitmen BSI dalam mendukung pertumbuhan wirausaha anak bangsa, khususnya wirausaha muda,” ujar Arief dalam keterangan tertulisnya, Kamis (20/1).

Selain itu, Komisaris Independen BSI ini mengungkapkan program talenta wirausaha BSI selanjutnya akah hadir di kota-kota lainnya di Indonesia.

“Ini adalah momentum yang luar biasa, yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh teman-teman muda di tanah air,” ucapnya.

Sementara itu, Menteri BUMN RI Erick Thohir, menyampaikan bahwa kesempatan berwirausaha akan menciptakan lapangan kerja dan harus dimanfaatkan semaksimal mungkin agar tidak tertinggal dari negara lain.

Menurutnya, tingkat kewiraushaan Indonesia saat ini masih tertinggal dari Singapura dan negara maju lainnya.

Padahal populasi Indonesia menempati posisi terbanyak ke-4 di dunia setelah China, India, dan USA.

“Hadirnya BSI sebagai bank syariah terbesar di Indonesia harus bisa mendorong ekosistem muslimpreneur. Dengan demikian, harapannya Indonesia akan menjadi produsen produk halal, bukan hanya market saja,” ucap Erick dalam sambutannya.

Sememtara menurut Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki, di masa pandemi seperti ini, UMKM telah terbukti sebagai roda penggerak ekonomi.

Saat ini, UMKM memiliki daya tahan terhadap krisis dan itu juga harus ditunjang dengan daya saing dalam skala global.

Hadir dalam acara ini Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia Erick Thohir, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Republik Indonesia Teten Masduki, Komisaris Utama BSI Adiwarman Azwar Karim, Direktur Utama BS Hery Gunardi, beserta segenap jajarannya. ***