Persiapan Delapan Bulan, ‘Gending Karesmen Prabudilaya’ Tampil Epik di GKT

  • Bagikan
Gending Karesmen Prabudilaya pada Kibar Jilid VI di Gedung Kesenian Tasikmalaya (GKT), Sabtu (25/9/2021) malam. (Foto: Bode Riswandi)

KAPOL.ID –
Rumpum Karawitan Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya (DKKT) tampilkan Gending Karesmen Prabudilaya pada Kibar Jilid VI di Gedung Kesenian Tasikmalaya, Sabtu (25/9/2021) malam.

Kolaborasi enam sanggar, tampil epik dan mendapat sambutan hangat penonton. Termasuk ibu Wali Kota Tasikmalaya, Hj. Rukmini Affandi Yusuf.

“Persiapannya delapan bulan a mematangkan naskahnya. Kita riset dahulu dari referensi yang ada, dikombinasikan dengan sejarah.”

“Prabudilaya ini kan cerita sejarah Tasik dan Situ Gede,” ujar Koordinator Rumpun Karawitan, Deuis Siti Umayah.

Setelah itu, enam sanggar yakni Panghegar, Bangkolung, P. Kanca Indihyang, Rangga Setra, Gentra Mustika dan Kokams terus berlatih mematangkan untuk pementasan.

“Merinding saat klimaksnya, karena istri Prabudilaya tidak mengindahkan pamali dan menjadi balai (celaka).”

“Itu salah satu makna disamping balutan seni karawitan dalam pertunjukan,” katanya menjelaskan.

Wakil Ketua DKKT, Hendra J. Rustandi mengatakan, pertunjukan dari rumpun karawitan merupakan bagian dari gelaran kibar budaya.

Penampilan berjalan sukses sesuai harapan dengan tetap melaksanaan prokes sesuai aturan, kapasitas gedung 50 % terisi oleh penonton/apresiator.

“Mudah-mudahan kedepan rangkaian kibar budaya jilid 6 dari rumpun yang lain dapat berjalan dengan baik dan sukses,” ucapnya.***

  • Bagikan