PMII Ciamis Serahkan Kantong “Ramling” kepada Bupati

  • Bagikan
Pengurus Cabang PMII Ciamis saat menyambangi Pendopo Ciamis dan menyerahkan kantong ramah lingkungan kepada Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya.

KAPOL.ID – Bupati Ciamis, Herdiyat Sunarya, mengapresiasi langkah PC PMII Ciamis yang membagikan 100 pak kantong plastik ramah lingkungan ke beberapa DKM di Ciamis tempo hari.

“Terimakasih banyak kepada sahabat-sahabat PMII yang telah mendukung Peraturan Bupati tentang hal ini (No. 27 tahun 2021) semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat di tatar Galuh Ciamis,” katanya.

Tampak hadir pula Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PRKPLH), Dr. H. Taufik Gumelar, ST, MM.

Ketua PC PMII Ciamis, Irsal M. Alwy berharap aksi sosial itu mendorong panitia Iduladha tidak menggunakan lagi kantong plastik biasa (kresek), tetapi menggunakan kantong plastik yang ramah lingkungan.

“Kantong plastik yang telah PMII bagikan bukan sekedar plastik biasa, tetapi ini plastik yang ramah lingkungan dengan teknologi Oxium melalui 3 tahap tier, yakni oksidasi-biodegradasi-ekotoksisitas yang akan mempercepat plastik ini terdegradasi dan terfragmentasi hingga terurai 2-4 tahun saja,” katanya.

Baca Juga: Menjelang Iduladha PMII Ciamis Bagi-bagi Kantong Ramling ke DKM di Ciamis

Menurutnya, ketika sampah (plastik) berada di lingkungan/sudah dibuang, mereka tidak bisa cepat membusuk seperti bahan alami. Tentu dengan kehadiran sampah plastik ini merupakan ancaman bagi lingkungan kita semua yang harus kita perhatikan.

“Karena permasalahan sampah (plastik) itu berada pada waktu yang dibutuhkan untuk mengurainya harus lama hingga ratusan tahun,” katanya.

Sehari sebelum Iduladha, Senin (19/7/2021) kantong plastik ramling diserahkan secara simbolik kepada Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya.

  • Bagikan