PTM di Sumedang Lancar, Eka Ganjar: Tak Ada Siswa Tepapar Covid-19

KAPOL.ID – Proses Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kabupaten Sumedang pada semester lalu berjalan lancar. Artinya, tidak ada siswa siswa yang terpapar Covid-19.

Hal tersebut dibenarkan Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Eka Ganjar Kurniawan pada Rabu 5 Januari 2021.

Ia bersyukur jika PTM berjalan lancar tidak ada siswa dan siswi yang terpapar Covid-19.

“Dan yang terpenting, tidak terjadi klaster. Semuanya berkat kerjasama yang baik dengam semua pihak,” ujar dia.

Semua, sesuai dengan harapan bersama yabg pada prinsipnya di setiap sekolah menerapkan sistem protokol kesehatan Covid-19.

Eka Ganjar menuturkan, semester selanjutnya di bulan Januari 2022, pihaknya telah melakukan analisis terkait dengan dengan pembelajaran tatap muka nanti.

Dengan harapan, semester selanjutnya lebih meningkat presentase jumlah siswa dapat meningkat.

“Jumlah siswa yang ditargetkan yakni 50 persen untuk PTM, itu baru tahap analisa. Kami harus  mendapat saran pendapat pertimbangan dari berbagai pihak. Dan, yang paling penting harus ada persetujuan dari pihak Satgas Covid-19 Kabupaten Sumedang,” ungkapnya.

Dikatakan Eka Ganjar, untuk pembelajaran kami masih menerapkan metode 7 pembelajaran komplementer, ditambah lagi kebijakan bahwa untuk ke depan akan mengulirkan kebijakan tetkait dengan jarak holistik integratif.
“Artinya bagaimana kami mengintegrasikan beberapa metode pembelajaran,” tegasnya.

Selanjutnya, Eka menjelaskan, supaya bisa berjalan efektif pada saat pembelajaran di masa pandemi ini tentunya harus di integrasikan baik itu metodenya maupun orang yang menjalankannya, semua proses ataupun kegiatanya belajar mengajar bukan hanya tanggung pemerintah tetapi tanggung jawab semua pihak.

“Jadi kami harapkan bahwa dengan holistik integratif semua pihak dan semua stakeholder yang terkait dengan masalah pendidikan ikut untuk peduli berpartisipasi dalam rangka pembelajaran dimasa pandemi ini,” pungkas Eka Ganjar. (Iwan R)***