Rumpun Pertunjukan Rakyat Manggung di Bukit Nangela Kawalu

  • Bagikan
Tarian menjadi pembuka pertunjukan Kibar Jilid 6 Rumpun Pertunjukan Rakyat di Bukit Nangela Kawalu Kota Tasikmalaya, Sabtu (2/10/2021).*

KAPOL.ID –
Rumpun Pertunjukan Rakyat tampil pada Kibar Budaya Jilid 6 Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya (DKKT) di Bukit Nangela Kawalu, Sabtu (2/10/2021).

Helaran kostum karnaval ditampilkan masing-masing perwakilan kelurahan di Kecamatan Kawalu.

Wali Kota Tasikmalaya, H. Muhammad Yusuf berharap pelestarian budaya melalui Kibar Budaya Jilid 6 dapat berjalan dengan baik.

“Di lokasi, pemandangan Bukit Nangela cukup bagus, banyak tempat wisata kita yang sudah mulai buka dan masyarakat antusias,” katanya.

Ia juga titip disiplin protokol kesehatan saat pelaksanaan kepada peserta dan penonton.

Serta mendoakan semua sehat dan terhindar dari paparan virus corona.

“Kalau kita disiplin protokol kesehatan, virus corona nya juga bosen karena menularkannya susah. Jadi kabur dari Tasik,” ujarnya berkelakar.

Informasi yang dihimpun KAPOL.ID, helaran Kelurahan Tanjung kostum bertema Kujang Mahesa Lodra, dari Kelurahan Leuwiliang menampilkan kostum Lotus.

Dari Kelurahan Gunung Tandala tampil kostum Kujang Soekapoera, sementara Kelurahan Talagasari Merak, Kelurahan Karsamenak bertema Putri.

Kelurahan Cilamajang berkostum putri batik, Kelurahan Karanganyar dengan tema Putri Batik. Kelurahan Cibeuti dengan kostum Nagaiswaya.

Kelurahan Gunung Gede dengan tema kostum Burung Merak. Dan Kelurahan Urug dengan tema Dewi Amora serta penampilan kesenian dari elemen masyarakat lainnya.

Ketua DKKT, Bode Riswandi mengatakan,
konsep berkesenian di Kibar Jilid 6 ini lebih banyak melibatkan masyarakat.

Sebab kesenian bermula dari masyarakat dan untuk masyarakat.

“Karena berkesenian itu sudah membudaya di masyarakat. Apresiasi kepada karang taruna dan warga setempat,” katanya.***

  • Bagikan