Connect with us

BIROKRASI

Setelah Garut Selatan, Kini Giliran DOB Limbangan Baru

|

KAPOL.ID – Komite Percepatan Pemekaran Daerah Otonom Baru (DOB) Limbangan Baru mendorong agar Bupati Garut memfasilitasi mereka, seperti yang telah dilakukan terhadap Garut Selatan.

Terkait hal itu, dipimpin H. Holil Aksan Umarzein, KPP DOB Limbangan Baru, beraudiensi dengan Bupati Garut, H. Rudy Gunawan, Senin (27/1/2020).

“Kami meminta dukungan secara nyata bukan hanya wacana dari pihak Pemerintah Daerah Garut untuk percepatan Limbangan Baru,” kata H. Holil.

Menurutnya, Limbangan Baru menuntut hak sama dengan Garut Selatan yang telah memiliki tiket untuk DOB bahkan difasilitasi langsung oleh Pemda Garut.

“Kami meminta solusi dan ketegasan dari Kabupaten Induk Garut dan DPRD Garut bukan hanya wacana yang tidak ada penyelesaiannya,” katanya.

Mrnanggapi hal itu, Bupati Garut, menjelaskan telah mendapat kunjungan rahasia secara langsung dari tim Depdagri untuk menindaklanjuti terkait Perda 2007 mengenai DOB Garut Selatan diperkuat dengan masuknya dalam Perpres 2014 kedalam 65 daerah yang masuk DOB, dikarenakan pergantian Presiden menjadi mentah kembali dan tertahan lagi karena adanya Moratorium DOB.

“Dalam RPJMD Provinsi Jawa Barat saat ini yang masuk DOB ada 2 yaitu Garut dan Garut Selatan untuk memvalidasi dan update data serta update kajiannya karena data telah 5 tahun,” katanya.

Intinya Pemerintah Daerah Garut mendukung Rencana Komite Percepatan kabupaten Limbangan sebagai langkah awal buat ajuan dorongan untuk melengkapi persyaratan.

Persyaratan itu, menurut Bupati, di antaranya, rencana wilayah yang dibuktikan oleh pernyataan dan persetujuan tertulis setiap BPD; perhitungan potensi PDRB; rencana penghitungan PAD, SDA dan SDM (minimal 30 Persen dari PAD Induk); dan analisa SWOT (Kelebihan dan kekurangan wilayah).

“Pemda Garut akan mendorong DPRD membentuk Pansus untuk membahas dan mempersiapkan DOB apabila semua persyaratan lengkap,” kata Rudy.

Menurutnya dalam anggaran 2020 telah dianggarkan terkait Feasibility Study (FS) kajian wilayah Garut seluruhnya sebagai langkah untuk persyaratan DOB. Tahun 2021 kita akan buat Perda terkait DOB Limbangan Baru.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Advertisement

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *