Tahan Dulu Hasrat Audiensi Langsung dengan DPRD, Sedang WFH

  • Bagikan
Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Asep Sopari Al Ayubi di tengah rapat Badan Musyawarah, Selasa (29/6/2021). Rapat tersebut memutuskan untuk WFH selama 14 hari ke depan.

KAPOL.ID–Masyatakat Kabupaten Tasikmalaya diharapkan untuk menahan diri menggelar audiensi dengan DPRD untuk sementara waktu. Pasalnya, Pimpinan dan Anggota DPRD tengah menjalani work from home (WFH).

“Selama 14 hari ke depan, DPRD tidak akan menerima audiensi atau pertemuan dari masyarakat. Kami harap masyarakat untuk menunggu situasi reda dulu,” terang Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Asep Sopari Al Ayubi, Selasa (29/7/2021).

Sekalipun demikian, Asep Sopari menekankan bahwa pihaknya masih bisa menerima aspirasi masyarakat. Cuma mekanismenya yang berbeda. Masyarakat bisa menyampaikan aspirasi dalam bentuk tertulisan, yang kemudian akan ditindaklanjuti dalam rapat DPRD secara Daring.

“Artinya, meski WFH, tentunya tidak mengurangi peran dan fungsi DPRD. Karena hari ini kita bisa melaksanakan rapat melalui Daring, asal disepakati oleh semua pimpinan dan anggota,” lanjutnya.

Keputusan untuk melakukan WFH selama 14 hari ke depan sendiri, menurut Asep Sopari, diambil berdasarkan hasil rapat Badan Musyawarah DPRD, Selasa (29/6/2021). WFH akan berlaku terhitung sejak Rabu (30/6/2021) hingga Rabu (13/7/2021).

Adapun pertimbangannya, antara lain kurva kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sedang meninggi. Termasuk ada beberapa pegawai sekretariat dan anggota DPRD yang terpapar. Pihaknya tidak berharap kondisi semakin memburuk, sehingga perlu mengambil langkah antisipatif.

“Antisipasi ini juga diambil melihat kebijakan Pemkab yang sangat membatasi kegiatan. Bahkan dalam surat edaran itu, bertemu dengan orang saja harus tiga menit dan kunjungan dinas dibatasi hanya tiga orang. Dewan juga sama harus mendukung pemberlakuan protokol kesehatan,” tandasnya.

Sekretaris DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Iing Farid Khozin juga membenarkan informasi bahwa DPRD sudah mengambil keputusan untuk WFH selama 14 hari ke depan; sebagaimana disampaikan Ketua DPRD Asep Sopari Al Ayubi.

Bahkan, kata Iing, kesepakatan rapat Badan Musyawarah DPRD telah terbit dalam bentuk surat resmi Nomor 172/1964-DPRD/2021; bersifat “penting”; dengan perihal “Pelaksanaan Work From Home (WFH)“.

Adapun pegawai sekretariat DPRD yang terkonfirmasi positif Covid-19, menurut Iing, jumlahnya sebanyak enam orang. Sebagian sudah pulih total serta sebagian lagi masih menjalani isolasi mandiri.

“Yang sudah sembuh itu jumlahnya empat orang, dua orang lagi masih Isoman di rumah masing-masing. Jadi, totalnya enam orang,” terang Iing.

  • Bagikan