oleh

Tb Care Muhammadiyah Bentuk Masyarakat Peduli Tb Tamansari

KAPOL.ID –
Kasus tuberculosis (Tb) di Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya mendorong Tb Care Muhammadiyah membentuk masyarakat peduli Tb

Diinisiasi dosen prodi d3 keperawatan Fakultad Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (Umtas) Nina Pamela Sari, M.Kep dan Asep Muksin, Lc. M.Ud, bersama instansi terkait.

Pengabdian kepada masyarakat tersebut berlangsung di Kantor Kelurahan Mulyasari Kecamatan Tamansari, Senin (30/11/2020).

“Kami sangat berterimakasih, sebab di wilayah kerja puskesmas Tamansari pasien dari tahun ke tahun banyak.”

“Per awal November ini saja ada 58 pasien, tiga diantaranya meninggal dan 1 resisten obat,” kata perwakilan Puskesmas Tamansari, Erni.

Dosen Fikes Umtas, Nina Pamelasari mengatakan, peringkat Indonesia akan kasus Tb kedua di dunia. Perlu bantuan untuk mengatasi berbagai persoalan penanganan.

“Salah satunya pendidikan dan pemahaman untuk memasyarakatkan penanganan sehingga tahun 2050 nanti bebas Tuberculosis,” katanya.

Pembentukan Masyarakat Peduli Tb, pihaknya bekerjasama dengan tokoh masyarakat di empat kelurahan, kader hingga masyarakat.

“Sehingga penanganan kasus bisa lebih maksimal, tidak ada yang tertular dan kesembuhan pasien,” ucapnya.

Perwakilan tokoh agama, Ustad Echsanuddin mengatakan pencegahan penularan hingga penanganan banyak dijelaskan oleh narasumber.

Hal tersebut setidaknya menjadi bekal masyarakat agar bisa berhati-hati dan waspada. Sebab masyarakat masih sangat awam terhadap penyakit. ***

Komentar