Warga Kabupaten Tasik Tidak Bisa Buat Adminduk

  • Bagikan
Kantor Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya lengang. Karyawannya tanpa pemimpin. Pelayanan Adminduk pun dihentikan. (Foto: istimewa)

KAPOL.ID–Warga Kabupaten Tasikmalaya belum bisa membuat administrasi kependudukan (Adminduk) seperti KTP, KK, AK (kelahiran dan kematian), serta Adminduk lainya. Karena pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) terjadi kekosongan jabatan.

Kekosongan Kepala Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya tersebut terjadi seiring dengan perubahan SOTK dan rotasi-mutasi-promosi pejabat pada Pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya. Sehingga Disdukcapil belum memiliki Kadis, Sekdis dan Kabid Pelayanan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK).

Penghentian sementara pelayanan Adminduk berlaku sejak Senin (6/12/2021). Belum ada kepastian hingga kapan. Yang jelas sampai kekosongan jabatan pada Disdukcapil kembali terisi.

Kepala Seksi (Kasi) PIAK pada (Disdukcapil) Kabupaten Tasikmalaya, Naim Ahmad mengaku bahwa, pihaknya masih menunggu arahan dari pimpinan; baik dari Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya maupun Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kami belum bisa bergerak karena kekosongan jabatan tersebut. Belum ada informasi juga kapan kekosongan jabatan akan diisi, masih menunggu informasi dari pusat,” terang Naim.

Teknis pengisian jabatannya sendiri, lanjut Naim, menjadi tanggung jawab Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tasikmalaya. Pihaknya juga sudah berkoordinasi terkait tindak lanjut layanan Adminduk.

“Kami juga sudah umumkan penghentian sementara pelayanan Adminduk ini sampai ke kecamatan, terkait dengan tanda tangan Kepala Dinas atau Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) terkait kebijakan,” tandasnya.

Informasi lainnya, Kadis Dukcapil lama telah dirotasi oleh Bupati Tasikmalaya menjadi Staff Ahli Bupati. Sementara Kabid PIAK dirotasi menjadi Camat. Adapun Sekdis memasuki masa pensiun.

  • Bagikan