Ali Rasyid Optimistis Pesantren Bisa Mencetak Pengusaha

  • Bagikan
Anggota DPRD Jawa Barat, Ali Rasyid saat reses di Kelurahan Tuguraja Kota Tasikmalaya. Ali Rasyid optimis ke depan pesantren bisa mencetak pengusaha. Itu terjadi seiring lahirnya perdana pesantren di jabar. ***

KAPOL.ID- Anggota DPRD Jawa Barat, Ali Rasyid optimistis pesantren di masa depan tidak hanya fokus pada pengembangan ilmu pengetahuan tetapi juga bisa mengembangkan kewirausahaan.

Pesantren selain bisa melahirkan generasi ahli ilmu atau ulama juga bisa mencetak ahli usaha atau para pengusaha.

Hal itu terjadi seiring dengan sudah adanya peraturan daerah Fasilitasi Penyelenggaraan Pesantren atau yang kerap disebut Perda Pesantren di Jawa Barat. Juklak dan juknis perdana Pesantren tersebut saat ini sedang disusun Pemerintah.

“Di Perda Pesantren tersebut nantinya diatur soal ada bantuan pemerintah untuk peningkatan ekonomi Pesantren. Jadi ke depan Pesantren bisa memiliki lembaga usaha yang bisa dijadikan tempat belajar kewirausahaan para santri,” kata Ali Rasyid.

Diakui politisi muda Gerindra dan menjadi wakil ketua Panitia khusus Perda Pesantren, pemerintah Jabar sangat serius membatu lembaga Pesantren agar lebih berkembang lagi.

Bahkan kata dia pemerintah akan menyiapkan anggaran untuk membantu membangkitkan ekonomi pesantren di samping membantu sarana dan prasarana pendidikan di pesantren.

Karena peran pesantren dalam membangun moral umat sangat luar biasa. Bahkan itu dilakukan sebelum Indonesia merdeka. Jawa Barat memiliki jumlah Pesantren yang sangat banyak dibanding daerah lain.

“Maka ketika lembaga Pesantren diperhatikan secara serius oleh pemerintah. Kesejahteraan masyarakat jabar akan semakin meningkat. Pesantren bisa tumbuh menjadi lokomotif kemajuan ekonomi di daerah, ” katanya.***

  • Bagikan