Jumat Sedekah Rempah

  • Bagikan
Sebanyak 2.021 gelas minuman herbal berbahan dasar rempah dibagikan kepada jamaah salat Jumat Masjid Agung Baiturrahman, Bojongkoneng, Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya. Gerakan Sedekah Rempah ini terealisasi atas kolaborasi antarberbagai organisasi.

KAPOL.ID–Ada gerakan sedekah rempah di Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (20/8/2021). Persisnya membagikan minuman herbal berbahan rempah kepada jamaah Jumat di depan Masjid Agung Baiturrahman, Bojongkoneng, Singaparna.

Gerakan sedekah rempah terselenggara atas kolaborasi berbagai organisasi seperti BPBD, RPB, Tagana, KAHMI , Pemuda Tasik Bergerak, Jabar Bergerak, PMI dan organisasi lainnya. Itulah wujud kepedulian mereka menangani dan menanggulangi Covid-19.

Koordinator Gerakan Sedekah Rempah, Edi Buchori mengemukakan bahwa pada masa pandemi masyarakat perlu meningkatkan imunitas, sekaligus meramaikan gerakan 3S: Salam, Senyum dan Sedekah.

“Mnuman herbal ini berbahan dasar jahe, pala, kayu manis dan rempah lainnya. Hari ini kami menyediakan sebanyak 2021 gelas. Ini juga gerakan sedekah rempah tahap pertama,” ujar Edi.

Sasaran sedekah rempah antara lain masyarakat yang biasa beraktivitas di sekitar Masjid Agung Baiturrahman, para Isoman di rumah, para pasien serta petugas kesehatan rumah sakit dan Puskesmas, serta pesantren dan sekolah.

Edi menyadari bahwa sasaran penerima sedekah rempah tidak mungkin terjangkau dalam sehari. Maka pada hari-hari berikutnya akan ada lagi gerakan yang sama, di beberapa titik.

“Sebenarnya ini hanya langkah kecil kami ikut terlibat dalam upaya yang sudah dan sedang dilakukan oleh pemerintah, dunia usaha dan masyarakat. Mudah-mudahan bermanfaat bagi masyarakat,” harap Edi.

Di pihak lain, perwakilan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Kabupaten Tasikmalaya yang turut hadir di lokasi, Ivan Muttaqin mengaku sangat berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam gerakan sedekah rempah tersebut.

“KADIN sangat mengapresiasi luar biasa, juga sangat mendukung sepenuhnya kegiatan ini agar terus berlanjut dan dilaksanakan untuk meningkatkan ketahanan dan imunitas tubuh masyarakat di tengah pandemi Covid-19,” papar Ivan.

Ivan juga berharap agar masyarakat yang sehat semakin meningkat imunitas tubuhnya. Sementara bagi mereka yang terpapar Covid-19, baik yang menjalani perawatan di rumah sakit maupun isolasi mandiri; lekas pulih semuanya.

  • Bagikan