Korpri Dihadapkan Berbagai Rintangan, Hadapi dengan Cerdas dan Bijak

  • Bagikan

KAPOL.ID – Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir mengajak seluruh anggota Korpri Sumedang untuk bersama-sama meningkatkan kontribusi dan upayanya dalam mengejar ketertinggalan yang diakibatkan pandemi Covid-19.

Ajakan tersebut ia sampaikan saat memberikan sambutan pada Upacara Peringatan HUT Korpri ke-50 secara virtual yang diikuti oleh seluruh ASN Kabupaten Sumedang di unit kerjanya masing-masing, Senin (29/11/2021).

“Anggota korpri harus memahami dengan sungguh-sungguh arah kebijakan yang telah digariskan para pengambil keputusan. Baik itu jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek yang semuanya bemuara pada kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Dikatakan Bupati, dalam pelaksanaannya, Korpri akan dihadapkan kepada berbagai halangan dan rintangan yang harus dihadapi dan diselesaikan dengan kecerdasan dan kebijakan.

Oleh karena itu, kata Bupati, agar mampu menghadapi berbagai macam halangan dan rintangan, ASN harus memiliki 5 kecakapan yaitu change agility, mental agility, people agility, learning agility, dan result agility.

“Change agility, yakni kemampuan beradaptasi dengan perubahan apapun. Mental agility, kemampuan bertahan dalam kondisi apapun. People agility, kemampuan bekerja sama dengan siapapun. Learning agility, kemampuan memahami dan mempelajari hal baru dengan cepat; dan Result agility, kemampuan tetap berprestasi dalam kondisi apapun,” tuturnya.

Dengan kemampuan tersebut, lanjut Bupati, ASN akan selalu siap sedia menghadapi segala macam tantangan yang ada, tidak akan mudah menyerah dan akan berbuat maksimal untuk memecahkan setiap persoalan yang dihadapi.

Pada kesempatan itu, Bupati menekankan kepada segenap ASN tentang perlunya memperbaiki sikap mental dalam melaksanakan tugas.

“Setiap jabatan pada dasarnya adalah amanah yang harus ditunaikan dengan penuh rasa tanggung jawab dan diniatkan ibadah serta sesuai dengan sumpah jabatan dan Panca Prasetya yang dikrarkan.

Terakhir Bupati meminta kepada segenap anggota korpri untuk memegang teguh tanggungjawab, sumpah jabatan dan panca prasetya yang diikrarkan.

“Jangan lagi ada anggota Korpri yang melalaikan tugas dan kewajibannya, terlibat dalam berbagai perbuatan tercela, apalagi melanggar hukum dan sumpah jabatan,” ujarnya.

Upacara HUT Korpri dengan tema “ASN Bersatu, Korpri Tangguh Indonesia Tumbuh” itu secara virtual dipusatkan di Gedung Korpri dan diisi pula dengan penyerahan penghargaan dan santunan kepada perwakilan anggota Korpri oleh Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Sumedang.

  • Bagikan