HUKUM  

Polres Sumedang Bekuk Maling dan Penadah Motor Curian

Kapolres Sumedang AKBP Indra Setiawan menunjukan barang bukti kendaraan hasil kejhatan.

KAPOL.ID – Sebanyak 2 pelaku curanmor di Situraja Kab. Sumedang dan seorang penadah warga Dusun Baturumpil Desa Cisempur Kecamatan Jatinangor, diamankan Satuan Reserse Kriminal Polres Sumedang.

Kapolres Sumedang, AKBP Indra Setiawan mengatakan curanmor terjadi pada 27 Juli 2022 di Pamulihan, Kecamatan Situraja.

Pengungkapan kasus tersebut, berawal dari laporan warga yang kehilangan motornya dan membuat laporan.

Kemudian, anggota melakukan penyelidikan dan Alhamdulillah bisa mengamankan 2 pelaku yakni Egi alias Beno dan Hendra alias Pentog.

“Tugasnya mereka bekerja sama memetik atau mencuri sepeda motor korban di Pamulihan menggunakan kunci T,” ucapnya di Mapolres Sumedang, Rabu 3 Agustus 2022.

Dikatakan Indra, kemudian anggota melakukan pengembangan.

“Mereka pernah menjual hasil curian ke sodara Ujang alias Asep Bule seorang penadah. Dari hasil tersebut, kita amankan 4 kendaraan bermotor,” kata dia.

Menurut dia, satu kendaraan jenis Legenda yang TKP di daerah Pamulihan dan 3 kendaraan dari tangan Asep Bule 1 Honda CBR, Honda Karisma dan Honda Revo.

“Kemudian untuk Asep Bule ini kita masih kembangkan kemungkinan ada kaitannya dengan TKP lain,” ujarnya.

Untuk kedua tersangka dipastikan mereka pamain lama dan untuk Asep Bule ini diindikasikan pemain lama yang masih perlu kita kembangkan.

Mereka beraksi di sekitar rumah warga atau parkiran dekat rumah.

“Pasal yang kita terapkan untuk kedua pelaku curanmor, pasal 373 ke 1 ayat (1) ke 4 KUHPidana dengan ancaman hukuman penjara paling lama 7 tahun,” ujarnya.

Pelaku tindak pidana penadah dikenakan primer Pasal 480 ke 1 KUHPidana dengan ancaman hukuman penjara paling lama 4 tahun. ***